Berita NTT

Kanim Kupang Peringati Hari Bela Negara Secara Virtual

Upacara tersebut dilaksanakan secara terpusat di lapangan upacara Kemenkumham  diikuti pegawai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang secara virtual

Penulis: Paul Burin | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/HO-
APEL - Apel bendera memeringati Hari Bela Negara ke-74 pada Senin 19 Desember 2022. Adapuan tema kegiatan "Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku" 

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Bela negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. 

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto, yang  membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dalam Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke - 74 Tahun 2022 dengan tema, "Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku,"  Senin, 19 Desember 2022. 

Upacara tersebut dilaksanakan secara terpusat di lapangan upacara Kemenkumham  diikuti pegawai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang secara virtual di Aula Kanim Kupang. 

Peringatan Bela Negara diperingati untuk meneladani perjuangan dan pengorbanan para pahlawan bangsa guna memertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: Imigrasi Kupang Ikut Rapat Koordinasi Penanganan Pengungsi Luar Negeri

"Nilai dasar Bela Negara adalah Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara; Setia pada Pancasila sebagai Ideologi Negara; Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara; dan Kemampuan Awal Bela Negara yang harus diimplementasikan di seluruh komponen bangsa," jelasnya.

Presiden juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi  masing - masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara.

Selain menjadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan memertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (*/pol)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved