Unwira Kupang

Koperasi Goes To Campus, KSP Kopdit Adiguna Sasar Mahasiswa Unwira Kupang

Unwira Kupang menggandeng KSP Kopdit Adiguna menyelenggarakan Kuliah Umum bertajuk Koperasi Goes To Campus.

Editor: Alfons Nedabang
POS-KUPANG.COM/FERDY NAGA
Mahasiswa foto bersama Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unwira, Dr Maria Perseveranda, SE, MSi dan perwakilan KSP Kopdit Adiguna Fitria Carolina Boro usai kuliah umum Kampus Merdeka di Unwira Kupang, Selasa 20 Desember 2022. 

Laporan wartawan POS-KUPANG. COM, Ferdinand Edo Putra Naga

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unwira Kupang menggandeng KSP Kopdit Adiguna menyelenggarakan Kuliah Umum bertajuk Koperasi Goes To Campus.

Acara yang digelar Selasa 20 Desember 2022 itu diikuti mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unwira Kupang.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unwira Kupang Dr Maria Perseveranda SE MSi mengatakan, koperasi harus masuk ke kampus untuk memperkenalkan diri.

Di kampus tentunya akan bertemu dengan mahasiswa, generasi penerus untuk koperasi ke depan.

"Tentunya kami berharap kegiatan ini punya makna, yang pertama agar mahasiswa mengenal lebih dalam lagi sebenarnya koperasi itu seperti apa," kata Maria Perseveranda.

Menurutnya, dengan memperkenalkan koperasi maka mahasiswa semakin mengenal koperasi. "Mahasiswa tidak hanya mengetahui teori saja, karena mereka belajar juga mata kuliah ekonomi koperasi tetapi tentunya mereka juga harus mempraktekan," ujar Maria Perseveranda.

"Supaya bisa merasakan manfaat dari koperasi itu sendiri. Kedua, bahwa dengan kegiatan hari ini, kami juga dalam kaitan dengan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka jadi mahasiswa juga tahu praktek baik sebenarnya dari koperasi itu seperti apa," tambahnya.

Maria Perseveranda mengatakan dengan sharing dari KSP Kopdit Adiguna tentang praktek koperasi, maka mahasiswa bisa menahaminya lebih dalam sehingga bisa termotivasi atau bisa menjadi anggota koperasi. "Karena koperasi ke depan maju itu tergantung dari generasi milenial atau generasi muda," katanya.

Baca juga: Unwira Kupang, Melalui MBKM Mahasiswa Mengalami Hasil Transformasi Pendidikan

Baca juga: Prodi Ekonomi Pembangunan Unwira Kupang Gelar Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana

Dengan memperkenalkan koperasi, lanjut Maria Perseveranda, diharapkan mahasiswa bisa mengatur uang dengan bijaksana serta menabung di koperasi dari uang pemberian orang tua walau dalam jumlah terbatas.

"Setelah dia menabung, kami juga berharap dengan kerjasama denga KSP Kopdit Adiguna, mahasiswa juga bisa meminjam untuk wirausaha. Dengan memulai usaha kecil yang bisa memanfat potensi lokal di sekililing mahasiswa, mereka sudah ada mata kuliah kewirausahaan tapu harus di praktekan," imbuh Maria Perseveranda.

"Harapan kami untuk mahasiswa sebagai generasi milenial tentunya kami berharap agar dengan sosialisasi ini setelah mahasiswa mengetahui praktek baik dari Kopdit Adiguna mereka bisa masuk menjadi anggota koperasi."

Perwakilan KSP Kopdit Adiguna, Fitria Carolina Boro mengatakan, Koperasi Kredit Adiguna memang saat ini lebih mentargetkan anggota kami adalah kaula muda.

Oleh karena itu Ia mengajak mahasiswa menjadi anggota KSP Kopdit Adiguna. Mahasiswa bisa mulai mengatur keuangan mereka melalui koperasi .

"Kami juga berharap bisa membantu para mahasiswa ini dalam hal membangun kewirausahaan, sehingga untuk memulai usaha kecil Koperasi Adiguna berharap bisa memberi bantuan kepada mahasiswa," kata Fitria Carolina Boro.

"Dengan cara memberika pinjaman kepada mahasiswa yang menjalankan usah wira usah secara produktif," tambahnya. (cr21)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved