Berita NTT

Pertamina Pastikan Kelancaran Distribusi BBM dan LPG untuk Natal dan Tahun Baru

Peningkatan tersebut diprediksi dari sektor LPG 3 kg dan LPG 50 kg khususnya konsumen komersial dan hotel untuk antisipasi libur Nataru

Editor: Rosalina Woso
TRIBUNFLORES.COM/PAUL KEBELEN
SPBU- Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Waidoko, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka sudah tidak berfungsi, Senin 17 Oktober 2022. 

POS-KUPANG.COM, SURABAYA – PT Pertamina melalui Subholding Commercial & Trading yaitu Pertamina Patra Niaga regional Jatimbalinus mulai melakukan sejumlah persiapan menjelang Hari Raya Natal dan libur Tahun Baru atau Nataru.

Data publikasi Kemenhub tahun 2022 menyebutkan bahwa potensi pergerakan masyarakat selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 adalah sebesar 22,4 persen dari penduduk Indonesia atau sekitar 60,6 juta orang.

Adapun prediksi puncak arus mudik libur Natal terjadi pada 23 – 25 Desember 2022, sedangkan puncak arus libur Tahun Baru terjadi pada 30 Desember – 1 Januari 2023.

Baca juga: Launching Tim dan Jersey, Pertamina Waingapu Sponsori Tim Futsal Sumba Timur Untuk Porprov 2022 

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deny Djukardi menyampaikan, penyaluran BBM jenis gasoline saat Satgas Nataru 2022 diprognosakan mengalami kenaikan sekitar 3 persen dari rerata November 2022 atau sekitar lebih dari 18 ribu KL.

Rata-rata konsumsi BBM Gasoline saat ini sekitar 17,881 KL/Day.

Sedangkan realisasi penyaluran Gasoil pada Satgas Nataru BBM 2022 diprediksi justru mengalami penurunan sekitar 3 persen dari rerata November 2022 sekitar 8,500 KL. Rata-rata konsumsi BBM Gasoil sekitar 8,842 KL/Day.

Pada momen akhir tahun ini, untuk LPG diprediksi terjadi kenaikan sekitar 2 persen dari rerata November 2022 sebanyak 6.000 MT dengan rata-rata konsumsi konsumsi baik untuk LPG PSO dan LPG NPSO sebesar 5.745 MT/Day.

”Peningkatan tersebut diprediksi dari sektor LPG 3 kg dan LPG 50 kg khususnya konsumen komersial dan hotel untuk antisipasi libur Nataru,” tutur Deny dalam keterangannya, Jumat (16/12/2022).

Untuk penjualan Avtur di 13 Bandara wilayah Jatimbalinus, pada periode Satgas Nataru 2022 ini juga diprediksi akan mengalami peningkatan sekitar 10,1 persen dari sales normal yakni sebanyak 2.200 KL per hari atau naik 152 % dari Satgas Nataru 2021.

Baca juga: Meningkat 20 Persen Peserta dari 386 Perguruan Tinggi Ikuti Kompetisi Ide Bisnis Pertamina

Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus memperkirakan peningkatan konsumsi di beberapa area. Misalnya NTT yang akan menjadi titik tujuan Natal. Sedangkan perayaan tahun baru akan terpusat di Bali, Surabaya, Malang Kota, dan Kota Batu. Selain itu titik wisata yang juga menjadi perhatian adalah Malang, Banyuwangi, Bali, Lombok, Labuan Bajo.

Momen perayaan Natal dan tahun baru biasanya juga dimanfaatkan masyarakat untuk mudik. Titik Jalur Lintas Mudik yang diperkirakan akan mengalami peningkatan mobilitas di antaranya Jalur Tol Trans Jawa rute Surabaya – Solo, Jalur Tol Trans Jawa arah Surabaya – Banyuwangi, Jalur Tol Trans Jawa rute Surabaya – Malang, serta Jalur Selatan Jawa. Yang juga tidak ketinggalan adalah Penyeberangan Ketapang – Gilimanuk.

Meskipun terjadi kenaikan konsumsi, Pertamina Patra Niaga menjamin stok BBM maupun LPG akan tetap aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di akhir tahun ini.

Berdasarkan data, ketahanan stok BBM per 23 November 2022 untuk Pertalite sebanyak 14,3 hari akumulatif; Pertamax selama 27,5 hari akumulatif; dan Solar/Bio selama 8,5 hari akumulatif. Sedangkan untuk LPG ketahanan stoknya selama 5,1 hari akumulatif.

Siagakan SATGAS dan Siapkan Layanan Tambahan

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved