Piala Dunia 2022

Jadwal 8 Besar Piala Dunia 2022 Kroasia vs Brasil Pukul 23.00 WIB, Modric cs Ingin Balas Dendam

Kroasia menghadapi Brasil pada hari Jumat untuk memperebutkan satu tempat di semifinal Piala Dunia 2022 Qatar

Editor: Agustinus Sape
GETTY IMAGES via mirror.co.uk
Kroasia kalah dari Brasil pada Piala Dunia 2014 setelah keputusan penalti yang kontroversial. Tampak dua pemain Kroasia protes wasit. Jumat malam kedua tim akan bertemu lagi. Akankah Kroasia bisa membalas kekalahannya? 

POS-KUPANG.COM - Kroasia menghadapi Brasil pada hari Jumat untuk memperebutkan satu tempat di semifinal Piala Dunia 2022 Qatar- delapan setengah tahun setelah pertemuan terakhir mereka di pentas internasional sepak bola terbesar.

Kroasia, runner-up Piala Dunia 2018, bertujuan untuk melangkah lebih jauh di Qatar.

Tapi untuk melakukan itu, mereka harus mengatasi tim yang selalu memiliki nomor mereka di masa lalu: Brasil.

Kroasia menghadapi favorit pra-turnamen di Education City Stadium Qatar pada hari Jumat 9 Desember 2022 malam WIB untuk memperebutkan satu tempat di semifinal, dengan sedikit yang mendukung tim Zlatko Dalic untuk mendapatkan hasil.

Namun Kroasia tidak boleh dihapuskan - terutama karena mereka memiliki skor yang harus diselesaikan di pertandingan perempat final. Tim underdog kalah terakhir kali kedua negara ini bertemu di Piala Dunia delapan setengah tahun lalu setelah wasit memberi Brasil penalti "konyol".

Pertandingan tersebut terjadi pada Juni 2014. Itu adalah pertandingan pembukaan Piala Dunia tahun itu - diadakan di Brasil - dan tuan rumah diharapkan memulai kampanye mereka dengan awal yang baik di Sao Paolo. Namun Kroasia, di bawah Niko Kovac, adalah tim yang bagus.

Starting XI mereka hari itu termasuk Mateo Kovacic, Luka Modric, Ivan Perisic dan Dejan Lovren – semuanya diharapkan untuk memulai pertandingan hari Jumat – serta Ivan Rakitic yang sekarang sudah pensiun. Kualitas Kroasia terlihat ketika Marcelo dipaksa membuat gol bunuh diri di awal.

Brasil kembali ke permainan melalui upaya jarak jauh Neymar sebelum kontroversi melanda. Wasit Jepang Yuichi Nishimura memberikan penalti setelah Lovren dinilai melakukan pelanggaran terhadap Fred - sang striker, bukan gelandang Manchester United - di dalam kotak.

Tampaknya itu keputusan yang lunak, karena hanya ada sedikit kontak antara Lovren dan Fred. Tapi, dengan VAR tidak digunakan, tidak ada yang membatalkan keputusan tersebut.

Itu memungkinkan Neymar untuk meningkatkan dan menyelesaikan dua golnya, dengan Oscar mencetak gol di menit akhir untuk menyelesaikan kemenangan 3-1.

Kroasia marah dengan keputusan Nishimura. "Jika ada yang melihat ini adalah penalti di mana pun di stadion, angkat tangan," kata Kovac. "Menurut saya ini bukan penalti. Tidak akan pernah, ini konyol. Jika Anda terus seperti ini, Anda akan mendapat 100 penalti."

Lovren, yang saat itu membela Southampton, menambahkan, "Tentu saja saya marah. Saya ingin menangis sekarang, tetapi apa yang dapat Anda lakukan?... Mereka perlu melihatnya di TV. Bagaimana bisa wasit ada di Piala Dunia untuk itu?  Jika seperti ini, maka kami bisa memberikan Piala Dunia langsung ke Brasil."

Baca juga: Jadwal Perempat Final Piala Dunia 2022 Belanda vs Argentina, Kroasia vs Brasil Lengkap Jam Tayang

Bos Brasil Luiz Felipe Scolari, yang digantikan oleh Tite, menanggapi keluhan tersebut. Dia mengatakan, "Jutaan orang tidak melihat penalti? Ya wasit melihatnya. Wasit, terserah mereka. Merekalah yang harus memutuskan. Juga, kami yakin itu penalti."

Hasilnya terbukti krusial. Kroasia mengalahkan Kamerun 4-0 di pertandingan berikutnya, tetapi kekalahan 3-1 dari Meksiko setelah itu membuat mereka tersingkir dari turnamen. Brasil, sementara itu, melaju ke semifinal, di mana mereka terkenal kalah 7-1 dari Jerman.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persib
    19
    12
    3
    4
    32
    25
    6
    39
    2
    Persija Jakarta
    20
    11
    5
    4
    27
    11
    10
    38
    3
    PSM Makasar
    20
    10
    8
    2
    35
    8
    19
    38
    4
    Madura United
    20
    11
    3
    6
    26
    14
    8
    36
    5
    Bali United
    20
    11
    2
    7
    44
    21
    14
    35
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved