Berita Malaka

Pilkades Serentak, Kapolres Malaka Minta Cakades Jaga Kantibmas

Perhelatan demokrasi itu pasti ada perbedaan. Akan tetapi, jangan jadikan perbedaan itu sebagai benih perpecahan atau permusuhan.

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/Hery Klau
Kapolres Malaka, AKBP Rudi Junus Jacob Ledo, SH, S.I.K. Gambar diambil pada 25 November 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Nofry Laka

POS-KUPANG.COM, BETUN - Kapolres Malaka, AKBP Rudi Junus Jacob Ledo, SH, S.I.K meminta kepada para Calon Kepala Desa / Cakades se-Kabupaten Malaka yang akan melaksanakan Pilkades pada 9 Desember 2022 mendatang untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat jelang, pada saat dan usai pelaksanaan Pilkades.

"Saya ajak dan himbau kepada semua Calon Kepala Desa untuk senantiasa memberikan pencerahan kepada masyarakat dan pendukungnya agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban. Kita inginkan agar Pilkades serentak berjalan dengan aman dan nyaman," demikian kata Kapolres Malaka, pada Sabtu 26 November 2022.

Dikatakan orang nomor satu di Kepolisian Resor Malaka / Polres Malaka, perhelatan demokrasi itu pasti ada perbedaan. Akan tetapi, jangan jadikan perbedaan itu sebagai benih perpecahan atau permusuhan.

Baca juga: Sekda Malaka Minta Calon Guru PPPK Harus Netral Saat Pilkades Serentak

"Tetapi lewat perbedaan itu setiap kita mendapatkan pembelajaran politik yang lebih dewasa dan matang, sehingga masyarakat semakin sadar dan mengerti arti pentingnya demokrasi itu sendiri," tandas Kapolres Rudi.

Sehubungan dengan itu, dirinya sudah melakukan koordinasi dengan para Kapolsek dan tokoh-tokoh kunci di wilayah masing-masing untuk memberikan edukasi yang benar kepada masyarakat.

"Bagi saya, yang penting edukasi harus terus berjalan dengan baik sehingga masyarakat itu paham akan situasi yang dihadapinya. Pembelajaran positif dari waktu ke waktu akan membuat orang berubah," tandasnya lagi.

Ditanya, apa arti damai dalam sebuah perhelatan seperti Pilkades yang akan dilaksanakan di 123 desa dari 127 desa di Malaka, Kapolres dengan dua melati di pundak ini mengatakan, semua ini demi nama baik Malaka di mata daerah lain.

Baca juga: Wabup Malaka Minta Penjabat Kepala Desa Harus Bersikap Netral Saat Pilkades Serentak 

"Coba dibayangkan, jikalau Pilkades di 123 desa berjalan aman, lancar dan tertib pasti ada apresiasi yang besar buat Pemerintah Malaka, TNI, Polri dan elemen yang terkait di dalamnya karena mampu menjaga jalannya perhelatan demokrasi ini dengan sangat bermartabat," katanya lagi.

"Dan jika dalam Pilkades nanti tercipta kedamaian, nama Malaka pasti akan mencuat ke permukaan terutama dalam menjaga keharmonisan di antara sesama warga masyarakat," ujarnya lagi.

Kapolres Malaka berharap selalu ada komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antara pihak-pihak terkait, sehingga kegiatan Pilkades ini berjalan dengan baik.

Baca juga: Jenazah PMI Berusia 18 Tahun Asal Malaka Dipulangkan ke Kampung Halamannya

"Tiga hal ini menjadi kunci keberhasilan dalam melaksanakan sebuah kegiatan. Dan Pilkades Serentak Malaka akan menjadi contoh yang baik buat daerah lain, jika melakukan ini dengan baik," tutup Kapolres yang sudah berdinas di Malaka selama 1,5 tahun ini.

Sebagai informasi, Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Malaka akan berlangsung pada tanggal 9 Desember 2022. (*)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved