Expo Pendidikan SMAK Giovanni Kupang Cerdaskan Siswa Memilih Perguruan Tinggi di Indonesia

Expo pendidikan merupakan salah satu program sekolah dalam mensosialisasikan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Penulis: Gerardus Manyela | Editor: Gerardus Manyela
POS KUPANG.COM
POSE BERSAMA -Kepsek SMAK Giovanni Kupang, Romo Stef Mau pose bersama siswa-siswi Madrasah di tengah-tengah expo. 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Gerardus Manyela

POS-KUPANG.COM, KUPANG -  SMA Katolik Giovanni Kupang menyelenggarakan Expo Pendidikan 2022 dengan mengangkat tema "Tepat dalam Memilih, Cerdas Meraih Impian, Tumbuh Kuat Bersama Merdeka Belajar". Kegiatan berlangsung dari tanggal 21-22 Oktober 2022.

Pihak panitia yang dihubungi di sela-sela kegiatan expo, mengatakan sasaran dilaksanakannya Expo Pendidikan ini adalah untuk peserta didik SMAK Giovanni, peserta didik dari berbagai SMA/SMK di wilayah Kota Kupang dan sekitarnya, dan juga para orang tua. Total perguruan tinggi swasta yang ikut meramaikan kegiatan ini sebanyak 21 universitas yang ada di Indonesia.

Ketua panitia,  Agnes Sadipun  kepada wartawan,  Jumat, (21/10/2022) menjelaskan, expo pendidikan merupakan salah satu program sekolah dalam mensosialisasikan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

"Kegiatan Expo Pendidikan hari ini merupakan salah satu program sekolah dalam mensosialisasikan berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia kepada peserta didik. Harapannya, bisa memberikan berbagai informasi yang membantu siswa  menentukan langkah setelah menamatkan diri di lembaga ini, " jelas Agnes

Baca juga: Tim SMAK Giovanni Kupang Sabet Juara Pertama Lomba Jurnalistik Kategori Feature HUT TVRI

Terkait rincian perguruan tinggi yang hadir pada Expo Pendidikan kali ini, terdapat 2 universitas dari Kota Kupang, 2 lagi dari Bali, dan 17 dari daratan Jawa. Universitas swasta itu antara lain; Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Bina Nusantara, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Kristen Petra, ITB STIKOM Bali, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Tarumanegara, Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya, Universitas Bunda Mulia, Universitas Pelita Harapan, Universitas Ciputra, Universitas Kristen Krida Wacana, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Universitas Surabaya, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Universitas Triatma Mulya Bali, Universitas Ma Chung Malang, Universitas Dyana Pura Bali, Stikom Uyelindo Kupang, dan Universitas Bali Internasional

"Mereka datang dengan misi untuk memperkenalkan berbagai keunggulan universitas masing-masing sembari dibumbui dengan berbagai motivasi kepada siswa agar menjatuhkan pilihan pada universitas mereka," lanjutnya.

Agnes berharap siswa-siswi bisa menjatuhkan pilihan yang tepat sesuai dengan bakat dan talenta mereka dan juga lembaga pendidikan yang mereka pilih bisa membantu  perkembangan mereka menggapai cita-cita.

Pada acara penutupan, Jumat, 21 Oktober  2022, Agnes Sadipun mengungkapkan bahwa kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar.

Baca juga: Kadis P dan K NTT Sebut SMAK Giovanni Masih yang Terbaik 

"Secara keseluruhan kegiatan Expo Pendidikan berjalan dengan lancar dan baik. Ada keinginan agar kita tetap berjumpa di tahun-tahun mendatang dalam kegiatan Expo Pendidikan mendatang," tutur Agnes.

Pada kesempatan itu juga, perwakilan dari salah satu universitas peserta Expo Pendidikan ungkapkan limpah terima kasih dan luapan kegembiraan karena diberi kesempatan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Menurutnya kegiatan Expo kali ini sungguh luar biasa terkait pelayanan bapa/ibu guru, dan kesempatan memberikan presentasi di kelas-kelas bagi peserta didik.

Kepala SMAK Giovanni Kupang, RD, Drs. Stefanus Mau,Pr. Mengatakan,  Expo Pendidikan sebagai salah satu program strategis sekolah untuk meningkatkan mutu dan akses persiapan bagi pelajar untuk memilih PTN/PTS Terbaik. Tujuannya agar para pelajar tidak salah memilih program, jurusan dan  perguruan tinggi untuk menempuh pendidikan.

Baca juga: Kepsek SMAK Giovanni Kupang Minta Pers Semakin Profesional

Romo Stef  menambahkan, hadirnya 21 perguruan tinggi terbaik dalam Expo Pendidikan agar pelajar dapat berkonsultasi berkaitan dengan bakat , minat, dan prestasi yang mendukung menghadapi dunia kerja yang sesuai bagi para pelajar.

EXPO -Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Linus Lusi bersama Kesek SMAK Giovanni Kupang, Romo Stef Mau tinjau expo
EXPO -Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Linus Lusi bersama Kepsek SMAK Giovanni Kupang, Romo Stef Mau tinjau expo (POS KUPANG.COM)

 

Lanjut Romo Stef, dirinya bersama ara guru  akan membantu para orang tua pelajar terkait pembiayaan, karena perguruan tinggi yang hadir juga bisa langsung merekrut para pelajar sesuai bakat dan prestasi dengan biaya lebih murah saat awal pendaftaran.(*)

Ikuti Berita Pos-Kupang.com di GOOGLE NEWS

 

 


 

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved