Timor Leste

Timor Leste Beri Penghargaan Tertinggi kepada Panglima TNI Andika Perkasa dan AM Hendropriyono

Ramos Horta memberikan penghargaan kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Jenderal (Purn) AM Hendropriyono medali Ordem de Timor Leste

Editor: Agustinus Sape
YOUTUBE/TRIBUN MEDAN
PENGHARGAAN - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat menerima penghargaan tertinggi dari Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta di Dili, 20 Agustus 2022. Penghargaan diberikan bertepatan dengan perayaan HUT Falintil. 

POS-KUPANG.COM - Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta memberikan penghargaan kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Jenderal (Purn) AM Hendropriyono medali Ordem de Timor Leste, penghargaan tertinggi yang diberikan kepada orang-orang yang berjasa. 

Penghargaan tersebut diberikan kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Jenderal (Purn) AM Hendropriyono bertepatan dengan perayaan HUT Falintil di pelataran Kantor Perdana Menteri Timor Leste, 20 Agustus 2022.

Falintil atau Forças Armadas Da Libertaçao Nacional De Timor-Leste merupakan pasukan angkatan bersenjata yang berjuang untuk pembebasan Timor Leste pada masa memperjuangkan kemerdekaan.

Sebagai pengingat dan bentuk penghormatan jasa para pahlawan atas bakti yang diberikan maka setiap tanggal 20 Agustus diperingati sebagai HUT Falintil.

Dalam pidatonya pada HUT Falintil, Presiden Ramos Horta mengatakan bahwa Timor Leste merupakan negara yang damai, tidak memiliki musuh dan permasalahan lain.

Timor Leste pun memiliki hubungan erat dengan beberapa negara tetangga seperti Indonesia, Australia dan Portugal terutama pada bidang pertahanan.

Baca juga: Timor Leste Raih Penghargaan Hak Asasi Manusia, Lusofonia Awards 2022 untuk Suster Marcal 

Itulah dasarnya Presiden Timor Leste Ramos Horta memberikan penghargaan kepada Jenderal TNI Andika Perkasa, Jenderal Angus Campbell dan Laksamana Antonio Manuel Fernandes da Silva Ribeiro dengan menyematkan medali Ordem de Timor Leste yaitu tanda kehormatan tertinggi yang diberikan kepada tokoh dan warga negara asing atas kontribusi signifikan bagi perdamaian dan stabilitas nasional yang diakui oleh Timor Leste.

Perayaan HUT Falintil ke-47 juga dimeriahkan oleh penampilan devile dari pasukan perdamaian, para veteran dari beberapa negara dan organisasi pemuda Timor Leste.

Baca juga: Timor Leste dan Australia Sepakati Kerjasama Pertahanan, Ramos Horta Temui Anthony Albanese

Pertemuan ini tidak hanya sekadar menjadi tamu undangan atau delegasi, kehadiran para pemimpin tertinggi bidang pertahanan ini untuk mempererat hubungan bilateral dan multirateral guna mempermudah segala bentuk kerja sama ke depan.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Panglima Andika dan Mertua Hendropriyono Kompak Diberi Medali Tertinggi dari Presiden Timor Leste!

Ikuti berita Pos-kupang.com di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved