Berita Kota Kupang

Komunitas Film Kupang Gelar Workshop, Rangkul Pelajar Unjuk Karya di Flobamora

film mampu menjadi sumber perkembangan kreativitas, perubahan pola sosialisasi, hingga publikasi budaya yang bersifat persuasif. 

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO-DOK.KFK
WORKSHOP - Komunitas Film Kupang saat menggelar workshop film dengan para pelajar di Kota Kupang. Selasa 26 September 2022. Workshop ini merangkul pelajar unjuk karya di Flobamora 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Komunitas Film Kupang atau KFK menggelar Workshop Film Pelajar atau WFP  merangkul pelajar untuk berkarya di Flobamora

Tujuannya meningkatkan keterlibatan pelajar dalam ruang kreatif produksi film. KFK juga memberikan edukasi mengenai proses produksi film melalui kelas pembelajaran oleh mentor berpengalaman.

Selain diskusi, workshop itu juga ingin merangkul para pelajar di Kota Kupang melalui perfilman. Diharapkan lahirnya karya film original dari orang-orang NTT, disamping pesan yang ditampilkan dalam film tersebut agar tidak berjarak dengan masyarakat. 

Baca juga: Taman Muara Abu Kota Kupang Jadi Lokasi Favorit Bagi Anak-Anak 

“Komunitas Film Kupang sengaja melibatkan para pelajar di Kota Kupang untuk bersama merasakan proses dibalik terciptanya suatu film, yang kemudian karya tersebut ditayangkan pada malam puncak Flobamora Film Festival,” kata Komite KFK, Irwan Sebleku, Selasa 27 September 2022. 

Dia mengatakan, film menjadi media penyampaian ekspresi dan karya setiap individu. Dalam skala yang lebih luas, film mampu menjadi sumber perkembangan kreativitas, perubahan pola sosialisasi, hingga publikasi budaya yang bersifat persuasif. 

Menurutnya, penciptaan ide hingga tahap produksi film dilakukan oleh para sineas dengan proses yang panjang, bertahap, juga penuh tanggung jawab. Maksud dari itu adalah, untuk menghasilkan mahakarya yang mampu membawa dampak perubahan kepada sesama dan lingkungan. 

Di NTT, ujar dia, masih ada keterbatasan sumber daya manusia terutama yang bergelut di dunia perfilman. Baginya ini tantangan untuk menghadapi berbagai keresahan menghadapi isu masyarakat NTT. 

Baca juga: Penjabat Wali Kota Kupang,George Hadjoh Tepis Isu di Medsos Soal Pinjaman Dana Rp 300 M 

Untuk itu, KFK mengambil langkah yang tepat dengan mengajak para pelajar Kota Kupang mengenal lebih jauh makna dibalik tayangan film, dan membedahnya kembali. 

“Melalui hadirnya Workshop Film Pelajar dengan output mampu memberikan pemahaman proses produksi sebuah film, tentang apa dan bagaimana film digarap mulai dari pra produksi, produksi, post produksi. Adanya WFP ini sedikit tidaknya bisa menambah pengalaman bagi para pelajar dan menjadi bekal masa depan,” ujarnya. 

Melalui hasil unjuk karya lewat hadirnya Workshop Film Pelajar ini tetap mengutamakan fokus pelatihan pada produksi film dokumenter pendek. KFK berencana mendistribusikan hasil karya pada malam puncak Flobamora Film Festival pada 27 sampai 29 Oktober 2022 mendatang.

Irwan mengaku, workshop pelajar mendapat tanggapan baik dari beberapa sekolah di Kota Kupang. Beberapa sekolah kemudian tertarik untuk  bergabung dengan mendaftarkan sekolahnya untuk mengikuti dinamika Workshop. 

“Beberapa SMA di Kota Kupang diantaranya, SMA Negeri 1, SMAK Negeri 2, SMAK Negeri 1, dan SMA NCIPS. Dengan total 20 peserta, masing-masing sekolah memberi 5 perwakilan. Kegiatan ini berlokasi di Tarus yang akan berdinamika selama 4 hari mulai dari 26 sampai 29 September 2022. Rangkaian workshop ini akan memberikan pengenalan mengenai dunia film baik secara teori maupun praktek bersama peserta,” jelas Irwan. 

Baca juga: DPRD Kota Kupang Dukung Anggaran Pelayanan Publik

Rangkaian workshop ini digelar sejak 26 September 2022. Dihari pertama, diberikan materi umum, pengenalan teknis hingga praktek pengembangan ide dan naskah, bahkan ada penjelasan mengenai riset untuk sebuah produk film. 

Di hari terakhir kegiatan, Kamis 29 September 2022, dilakukan pemutaran film pendek hasil produksi peserta dan serangkaian agenda penutupan Workshop Film Pelajar oleh panitia. (Fan)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved