Prakiraan Cuaca NTT

Cuaca Maritim Selasa 27 September 2022, BMKG Sebut 13 Perairan NTT, Bali dan NTB Patut Diwaspadai

Informasi terkini Cuaca Maritim Hari ini Selasa 27 September 2022, BMKG sebut 13 Perairan NTT, Bali dan NTB patut diwaspadai

Penulis: Adiana Ahmad | Editor: Adiana Ahmad
merahputih.com
Cuaca Maritim NTT, Bali dan NTB/ Ilustrasi gelombang tinggi - Cuaca Maritim 27 September 2022, BMKG sebut 13 Perairan NTT, Bali dan NTB patut diwaspadai 

POS-KUPANG.COM - Badan Meteorologi Klimatologi kembali mengeluarkan peringatan dini terkai Cuaca Maritim NTT, Bali dan NTB hari ini. Melalui laman resminya bmkg.co.id, BMKG menyebut ada 13 Perairan NTT, Bali dan NTB yang patut diwaspadai. Alasannya, ada potensi gelombang tinggi hingga 6 Meter di Peairan tersebut. 

Berikut 13 Perairan NTT, Bali dan NTB yang berpotensi gelombang tinggi dan patut diwaspadai.

Pertama, Perairan yang berpotensi diterjang gelombang tinggi 1,25 Meter - 2,5 Meter 

Beberapa Perairan NTT, Bali dan NTB yang berpotensi diterjang gelombang tinggi 1,25 Meter - 4 Meter yakni, Perairan Selatan Flores, Perairan Pulau Sawu - Rote - Kupang, Laut Sawu, Samudera Hindia Selatan Sawu, Samuderah Hindia Selatan Rote- Kupang, Laut Bali dan Selat Lombok bagian Utara. 

Baca juga: Cuaca Hari Ini, BMKG: NTT Rentan Karhutla, Bali Waspada Angin Kencang,DKI Jakarta dan Surabaya Cerah

Kedua, Perairan NTT, Bali dan NTB yang berpotensi diterjang gelombang tinggi 2,5 Meter - 4 Meter yakni:

Perairan Selatan Bali hingga Pulau Sumba, Selat Sumba bagian Barat, Selat Sape bagian Selatan dan Samudera Hindia Selatan Pulau Sumba

Ketiga, Perairan NTT, Bali dan NTB yang berpotensi diterjang gelombang tingg 4 Meter - 6 Meter: Selat Bali, Lombok - Alas bagian Selatan dan Samudera Hindia Selatan Jawa hingga Pulau Sumbawa

Karena itu BMKG menghimbau para operator kapal mulai dari perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri dan Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar untuk waspada. 

Baca juga: Cuaca Kota Kupang Hari ini, BMKG Ingatkan Warga Kupang Waspada Angin Kencang 30 KM/ jam Sore ini

Kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

Sementara pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur - Selatan  dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Barat Lapung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Banten hingga Jawa Barat, Samudra Hindia Selatan Banten, Perairan Kep. Anambas – Kep. Natuna, Laut Natuna Utara dan Perairan utara Kep. Talaud. (8)

Berita terkait Prakiraan Cuaca 

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved