Timor Leste

Timor Leste Mulai Gunakan Pelabuhan Kapasitas Besar di Teluk Tibar

Demikian dilansir website lloydslist.maritimeintelligence.informa.com sekaligus menampilkan foto master pelabuhan Timor Leste di Teluk Tibar tersebut.

Penulis: Agustinus Sape | Editor: Agustinus Sape
YOSEPH FOO
PELABUHAN TIMOR LESTE - Pelabuhan baru milik Timor Leste dengan kapasitas lebih besar dari pelabuhan Dili yang dibangun di Teluk Timor mulai melakukan uji coba menerima kapal kontainer pada awal bulan September 2022. Pelabuhan ini akan menjadi pusat transhipment regional, dan menghubungkan ekonomi Timor Leste dengan wilayahnya. 

POS-KUPANG.COM - Sebuah pelabuhan Timor Leste di Teluk Tibar resmi beroperasi, ditandai uji coba operasional pertama pada awal bulan September 2022 dengan berlabuhnya dua Kapal kontainer pertama Pacific International Line, KM Kota Dunia dan KM Selatan Damai.

Demikian dilansir website lloydslist.maritimeintelligence.informa.com sekaligus menampilkan foto master pelabuhan Timor Leste di Teluk Tibar tersebut, Senin 26 September 2022.

Pelabuhan tersebut memiliki kapasitas lebih besar daripada pelabuhan sebelumnya di Dili, dengan kemampuan menerima kapal kontainer atau kapal peti kemas.

Dikatakan, pelabuhan tersebut kini berada di bawah portofolio MSC.

"Pelabuhan ini mampu menangani 250.000 teu, dengan rencana untuk memperluas kapasitasnya menjadi 1 juta teu seiring waktu seiring pertumbuhan perdagangan," tulis Megawati Wijaya.

Pelabuhan Timor Leste di Teluk Tibar dibangun atas bantuan China.

Disebutkan bahwa pada awal 2020, China Harbour Engineering Company mulai membangun pelabuhan Teluk Tibar.

Setelah selesai (tahap pertama pada akhir 2021), pelabuhan Teluk Tibar, yang dioperasikan oleh perusahaan Prancis Bollore, akan menjadi pintu gerbang utama ke Timor Leste, dan akan menggantikan fasilitas pelabuhan yang lebih kecil di Dili.

Baca juga: Timor Leste Mencari Dukungan Strategis Amerika Serikat dalam Pengembangan Gas Alam

Selanjutnya pada bulan Juni 2022,Pelabuhan Timor Leste menerima peralatan baru sebagai bagian dari investasi besar.

Pelabuhan Timor Leste, anak perusahaan Bolloré Ports, menerima dua kapal tunda, dua gantry ship-to-shore (STS), dan empat rubber-tyred gantry (RTG) crane untuk peningkatan operasi pelabuhan laut dalam di Teluk Tibar.

Pengiriman peralatan baru dilakukan pada tanggal 16 Mei 2022, sedangkan kapal tunda dan derek diangkut oleh kapal semi-kapal selam khusus dalam transportasi derek.

Peralatan baru akan berkontribusi pada ambisi pelabuhan untuk menjadikan Teluk Tibar sebagai pusat transshipment dan pintu gerbang utama ke kawasan Asia-Pasifik, menurut Laurent Palayer, manajer umum Pelabuhan Timor Leste, yang mengatakan bahwa mesin baru "akan memungkinkan kami untuk secara efektif mendapatkan terminal peti kemas kami beroperasi dan mendukung pelanggan kami."

Baca juga: Timor Leste dan Australia Sepakati Kerjasama Pertahanan, Ramos Horta Temui Anthony Albanese

Dua gantries STS baru akan mendukung pelabuhan untuk membongkar kapal kontainer berkapasitas besar dengan kecepatan tinggi.

Pada saat yang sama, empat gantries RTG, masing-masing setinggi 30 meter, akan membantu dalam bongkar muat dan penyimpanan peti kemas di area pelabuhan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved