Berita Kupang

Pemerintah Darwin Australia Kerjasamadengan Pemkot Kupang, Begini Kata Ketua Kadin NTT Bobby Lianto

Pemerintah Darwin, Australia menyepakati pengajuan kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, NTT. Kolaborasi bertajuk Sister City itu akan me

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
FOTO - Ketua Umum Kadin NTT, Bobby Lianto saat memberikan materi di acara Rakerda HIPMI NTT. Rabu 21 September 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Pemerintah Darwin, Australia menyepakati pengajuan kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, NTT. Kolaborasi bertajuk Sister City itu akan memperkuat lintas sektor. 

Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Ketua Kadin NTT, Bobby Lianto, menyampaikan itu di acara Rakerda HIPMI NTT, Rabu 21 September 2022 malam. 

Bobby Lianto menyebut, Ketua Kadin NTT ditunjuk menjadi bagian yang mengatur proses hingga lahirnya kerja sama tersebut. Sister city ini meliputi berbagai sektor dari Pariwisata, kesehatan, ekonomi hingga pendidikan. 

Surat dari Lord Mayor per 16 September 2022, diterima Bobby Lianto selaku Ketua Kadin NTT tanggal 21 September 2022 dari Konsulat RI di Australia.  

"Jadi kita akan melakukan penandatanganan di bulan November. Kita melihat banyak peluang. Kita berangkat kesana tanggal 1-6 November 2022," sebut Bobby Lianto 

Kabar berikutnya, kata Bobby, tahun depan juga dibuka penerbangan langsung Kupang -Darwin dan sebaliknya. 

Bobby Lianto menyampaikan isi surat tersebut mengatakan Pemerintah Darwin pada prinsipnya menyambut baik dan mendukung rencana kerja sama tersebut.

Namun, kerja sama ini harus diawali dengan kerja sama kemitraan strategis (strategic partnership arrangement). 
Menurutnya, hal ini sejalan dengan International Relation and Sister City Policy Pemerintah Kota Kupang. 

" Kota Darwin  yang selama ini telah dijadikan acuan dalam penjajakan kerja sama sister city dengan kota-kota lain di negara lain termasuk dengan kota Denpasar," jelas Bobby. 

Pemerintah Darwin akan melakukan asesmen terkait kemungkinan pembentukan friendship city relationship antara kota Darwin dan kota Kupang. 

Baca juga: Potensi Kabir Pulau Pantar Luar Biasa, KADIN  NTT Bantu Pasarkan Produk Desa Binaan Bank NTT 

"Secara khusus ditekankan pentingnya kedua kota menjadikan Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) sebagai acuan dalam membangun kerja sama ke depan," tandasnya. (Fan)

kuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved