Pilpres 2024

Pilpres 2024, PKS dan Demokrat DKI Belum Ada Kepastian Dukung Anies Baswedan Capres

PKS dan Partai Demokrat DKI Jakarta belum ada kepastian untuk mengajukan Anies Baswedan seba calon presiden (Capres) di Pilpres 2024

Editor: Agustinus Sape
Dok Story WA Ketua Komisi A DPRD DKI Mujiyono
DUKUNG ANIES? - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan tiga ketua umum partai politik, yaitu Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketum PKS Ahmad Syaikhu, Ketum NasDem Surya Paloh serta Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, di acara pernikahan putri Ketua Komisi VII DPR Fraksi NasDem, Sugeng Suparwoto pada Minggu 18 September 2022. Belum ada kepastian ketiga parpol tersebut berkoalisi untuk mendukngan Anies Baswedan di Pilpres 2024. 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Parta Keadilan Sejahtera ( PKS) dan Partai Demokrat DKI Jakarta belum ada kepastian untuk mengajukan Anies Baswedan seba calon presiden ( capres) di Pilpres 2024 mendatang.

Pengurus Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) menunggu keputusan Dewan Syuro, sementara Partai Demokrat menunggu keputusan Ketua Majelis Tinggi PD, Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY).

Sebelumnya sudah digembar-gemborkan bahwa PKS dan Partai Demokrat bakal berkoalisi dengan Partai NasDem untuk mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024.

 

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Achmad Yani mengatakan, hingga saat ini Majelis Syuro belum mengambil keputusan soal sosok yang akan diusung dalam Pilpres 2024 mendatang.

"Mengenai masalah pencalonan presiden di PKS, itu kewenangan ada di Majelis Syuro. Jadi, dari Majelis Syuro memang belum menetapkan calon presidennya, kewenangan ada di Majelis Syuro," ucapnya saat dikonfirmasi, Rabu 21 September 2022.

Lantaran belum ada arahan dari Majelis Syuro, Achmad Yani menyebut, PKS DKI kini masih fokus mengawal Gubernur Anies Baswedan hingga masa jabatannya berakhir 16 Oktober mendatang.

Baca juga: Tanda-Tanda Koalisi, Beredar Foto Anies Baswedan, AHY, Surya Paloh, Jusuf Kalla dan Presiden PKS

Sebagai informasi, PKS bersama Gerindra jadi dua partai yang mengusung Anies Baswedan pada Pilkada DKI 2017 lalu.

"Kami sebagai pengusung pak Anies ingin mengantarkan pak Anies sampai selesai masa tugasnya di DKI," ujarnya.

"Untuk selanjutnya, kami serahkan pada pimpinan di tingkat pusat," sambungnya.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved