Berita Sumba Barat Daya

Kampung Situs Adat Wainyapu Sumba Barat Daya Terbakar, 20 Rumah Ludes

50-an rumah warga kampung adat Wainyapu terbakar rata tanah. Memang masih ada rumah lainnya lolos dari kebakaran

Penulis: Petrus Piter | Editor: Rosalina Woso
Kampung Situs Adat Wainyapu Sumba Barat Daya Terbakar, 20 Rumah Ludes
POS-KUPANG.COM/HO-DOK ISTIMEWA
TERBAKAR - Puluhan rumah warga kampung Wanyapu, Sumba Barat Daya kudes terbakar, Selasa 20 September 2022 sekitar pukul 02.00 dini hari. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Sumba Barat Daya (SBD), Drs.Agustinus Pandak mengatakan, sebanyak 20-an rumah kampung adat Wainyapu, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya yang beratap ilalang dan kayu,  ludes terbakar, Selasa 20 September 2022 sekitar pukul 02.00 dini hari.

Dugaan sementara sumber api  berasal dari salah satu rumah dalam kampung adat tersebut. Namun demikian,  belum dapat memastikan penyebab kebakaran kampung adat tersebut dan sedang dalam penanganan aparat kepolisian.

Saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan para pihak terkait untuk menangani kejadian itu termasuk mempersiapkan bantuan darurat bagi masyarakat korban kebakaran itu.

Baca juga: Final Turnamen Sepakbola Piala Bupati Sumba Timur 2022, Kawangu FC versus Rajawali SBD 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumba Barat Daya, Drs.Agustinus Pandak melalui telepon selulernya, Selasa 20 September 2022.

Menurutnya, saat ini, sekitar 20-an rumah dari 50-an rumah warga kampung adat Wainyapu terbakar rata tanah.

Memang masih ada rumah lainnya lolos dari kebakaran dan kini menjadi hunian sementara anggota keluarga korban kebakaran. 

Ia juga belum  dapat memastikan berapa jumlah pasti rumah terbakar dan rumah yang selamat karena sedang dalam pendataan.

Untuk sementara, korban kebakaran memilih tinggal bersama keluarga sekitar. Sesuai rencana, siang ini akan menurunkan bantuan darurat ke lokasi kejadian guna menangani warga korban kebakaran.

Sedangkan bantuan lain seperti bantuan perumahan, menunggu selesai pendataan dulu.(*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved