Berita Manggarai Barat

Kadis PMD Mabar Ajak Masyarakat Junjung Tinggi Kultur Persaudaraan saat Pilkades Serentak

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat mengeluarkan instruksi kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) serta perangkat desa untuk bersikap netral

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/BERTO KALU
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Manggarai Barat, Melkior Nurdin, saat ditemui di ruang kerjanya. Senin 19 September 2022.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Manggarai Barat, Melkior Nurdin, mengajak masyarakat menjunjung tinggi kultur persaudaraan saat berlangsungnya Pilkades Serentak di 102 desa pada 29 September 2022 nanti.

"Saya mengajak semua elemen masyarakat harus tetap menjaga situasi kondusif saat pelaksanaan Pilkades nanti, dan juga tidak mengabaikan kultur persaudaraan, " ucap Melkior saat ditemui Pos Kupang, Senin 19 September 2022.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, kata dia, juga telah mengeluarkan instruksi kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), tenaga kontrak, panitia dan seluruh perangkat desa untuk bersikap netral.

"ASN, tenaga kontrak, dan para petugas lain yang dibiayai negara harus menjunjung tinggi netralitas, " tegas Melkior.

Baca juga: Wisata Labuan Bajo, 10 Hotel-hotel Populer Dekat Air Terjun Cunca Rami di Manggarai Barat

Ia menambahkan, dalam menyukseskan Pilkades serentak nanti pihaknya juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar seluruh proses tahapan pilkades, mulai dari persiapan, pencalonan, pemungutan dan perhitungan suara hingga penetapan berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Terkait pendistribusian surat suara pihaknya masih menunggu hasil rapat Forkopimda kabupaten, apakah akan disalurkan H-1 atau H-2 jelang pemungutan suara.

Namun pihaknya sudah melakukan koordinasi sejak jauh hari bersama pihak kepolisian, para camat dan lembaga terkait untuk memastikan Logistik Pilkades dapat terdistribusi dengan baik.

"Karena ini juga berhubungan dengan pengamanan, kita identifikasi dulu mana desa yang sulit dijangkau baru kemudian ditetapkan apakah disalurkan H-1 atau H-2, tetapi paling lambat H-1 surat suara itu sudah tiba, " tandasnya.

Baca juga: Ribuan Anggota Parpol Ganda Ditemukan Bawaslu Manggarai Barat NTT

Melkior mengatakan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Manggarai Barat berjumlah 18.569 dengan total sebanyak 310 TPS.

Dengan jumlah yang cukup banyak itu, Melkior mendorong agar masyarakat tetap menjaga ketertiban selama tahapan penyelenggaraan Pilkades.(*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved