Berita Nasional

Hari Ini Nasib Ferdy Sambo Ditentukan: Dipecat atau Tidak Dipecat dari Tubuh Kepolisian, SImak Ini

Hari ini, Senin 19 September 2022, nasib Irjen Ferdy Sambo di tubuh kepolisian, ditentukan oleh Komisi Kode Etik Polri (KKEP).

Editor: Frans Krowin
Tribunnews.com
DIMEJAHUJAUKAN - Irjen Ferdy Sambo akan segera dimejahijaukan lagi setelah menolak dipecat dari Korps Bhayangkara. Kini jadwal sidangnya sedang diagendakan setelah disahkan oleh Kapolri. 

POS-KUPANG.COM - Hari ini, Senin 19 September 2022, nasib Irjen Ferdy Sambo di tubuh kepolisian, ditentukan oleh Komisi Kode Etik Polri (KKEP).

Penentuan nasib mantan Kadiv Propam Polri tersebut ditentukan melalui sidang banding terkait pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) kepada yang bersangkutan.

Sidang ini merupakan kelanjutan dari sidang sebelumnya, dimana Irjen Ferdy Sambo dinyatakan dipecat dari Korps Bhayangkara  namun yang bersangkutan menolak keputusan tersebut.

Saat itu, Irjen Ferdy Sambo menyatakan banding sehingga sidang hari inilah yang menentukan nasib Ferdy Sambo itu, apakah dipecat atau tidak dipecat dari Korps Bhayangkara.

Baca juga: IRONIS, Ferdy Sambo Bergaji Kecil Tetapi Rutin Transfer Uang Ratusan Juta ke Pembantu

Sesuai agenda, sidang banding kode etik di ruang sidang Komisi Kode Etik Polri ( KKEP ) ini akan berlangsung di Gedung Transnasional Crime Center ( TNCC ) Lantai 1, Divpropam Polri.

Belum diketahui siapa yang akan memimpin jalannya sidang kode etik ini. Tapi terbetik kabar, sidang banding Ferdy Sambo ini akan dipimpin oleh jenderal bintang tiga.

"Nanti saya sampaikan (siapa ketua komisi etiknya)," kata Dedi di Mabes Polri, Kamis 15 September 2022 lalu.

Untuk diketahui, terkait pelaksanaan sidang ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah mengesahkan Komisi Kode Etik Polri (KKEP) Banding atau Komisi Banding untuk sidang kasus pembunuhan yang dilakukan Ferdy Sambo.

Mengenai pengesehan KKEP ini, diungkapkan oleh Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 15 September 2022.

Dedi Prasetyo mengungkapkan, sidang banding tersebut berbeda dengan sidang etik pertama yang telah dijalani Ferdy Sambo.

Sidang banding ini hanya berupa rapat antara Komisi Banding, yang dipimpin oleh perwira tinggi jenderal bintang tiga. Jadi tak dihadiri lagi oleh Ferdy Sambo.

"Sidang banding jangan disamakan dengan sidang kode etik yang seperti lalu. Sidang banding sifatnya hanya rapat. Dari hasil rapat itu, nanti memutuskan kolektif kolegial apa keputusannya, menguatkan dalam hal ini menerima atau menolak," kata mantan kapolda Kalimantan Tengah tersebut.

Baca juga: Masih Misterius Hasil Tes Kebohongan Irjen Ferdy Sambo dan Istrinya, Putri Candrawathi, Ada Apa?

Sebagai informasi, Pada 26 Juli 2022, Sidang KKEP memutuskan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) Ferdy Sambo karena terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 13 ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri juncto Pasal 5 ayat (1) huruf b, juncto Pasal 8 huruf b juncto Pasal 8 huruf c angka 1 juncto Pasal 10 ayat (1) huruf f juncto Pasal 11 ayat (1) huruf a, juncto Pasal 11 ayat (1) huruf b junto Pasal 13 huruf m Peraturan Polri Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode etik Profesi dan Komisi Etik Polri.

Atas putusan tersebut, Ferdy Sambo menyatakan banding.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved