Berita Kota Kupang

Dosen dan Mahasiswa Unimor Hijauan Makanan Ternak di Poktan Serikat Oeliurai Desa Tapenpah-TTU

dilanjutkan dengan persemaian bibit hijauan, pembuatan pupuk organik seperti bokashi, pengolahan lahan hingga penanaman

Penulis: Michaella Uzurasi | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/H.O TIM PKM UNIMOR
POSE BERSAMA - Pose bersama Tim PKM di Kelompok Tani Serikat Oeliurai 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Michaella Uzurasi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Dosen dan mahasiswa Prodi Peternakan Universitas Timor atau Unimor menanam hijauan makanan ternak di lahan milik Kelompok Tani Serikat Oeliurai Desa Tapenpah, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara atau TTU.

Ketua tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) Gerson Frans Bira, S.Pt., M.Si mengatakan, dalam rangka penyediaan pakan pada kondisi lahan kering maka diperlukan upaya-upaya sederhana seperti penanaman hijauan makanan ternak yang mampu beradaptasi pada kondisi iklim. 

Dikatakan Gerson, kegiatan penanaman hijauan makanan ternak ini diawali dengan penyuluhan dan pengenalan tentang hijauan makanan ternak kepada anggota kelompok tani, dilanjutkan dengan persemaian bibit hijauan, pembuatan pupuk organik seperti bokashi, pengolahan lahan hingga penanaman hijauan. 

Baca juga: Rayakan Dies Natalis ke-21, Rektor Universitas Timor Sampaikan Pesan Inspiratif

"Penanaman dilakukan dengan sistem tiga strata yakni salah satu sistem penanaman hijauan yang mampu menyediakan hijauan sepanjang musim melalui kombinasi penanaman jenis hijauan legume dan rumput serta tanaman pangan petak terpusat yang disebut strata 1 yang terdiri dari jenis rumput, stratum 2 terdiri dari legume merambat atau merayap serta turi dan lamtoro dan stratum 3 yang terdiri dari jenis legume pohon lain seperti gamal yang juga berfungsi sebagai tanaman pagar seperti gamal," jelas Gerson. 

Lanjut dia, selain dilakukan penanaman hijauan pakan juga dilakukan pelatihan dan praktik secara langsung tentang pengawetan pakan. kelompok tani dilatih untuk memanfaatkan kelebihan hijauan pada musim hujan sehingga dapat digunakan pada saat paceklik. 

Pada kegiatan ini turut hadir untuk belajar bersama mahasiswa-mahasiswa fakultas pertanian program studi peternakan yang memprogramkan mata kuliah budidaya dan pengembangan hijauan makanan ternak untuk bersama-sama dengan kelompok tani menanam hijauan pakan seperti lamtoro, turi, clitoria, indigofera, centro dan rumput odot.

Boanerges P. Sipayung, S.P., M.P yang menjadi salah satu anggota tim pelaksana, mengatakan bahwa kegiatan ini selain penanaman hijauan juga diajarkan mengenai aspek pengelolaan dan manajemen seperti defoliasi (pemotongan) yang teratur dan seperti musim hujan maka jenis rumput pada stratum 1 yang diberikan ke ternak, untuk musim pertengahan jenis legume merambat pada stratum 2, sedangkan musim kemarau dapat dimanfaatkan ternak dari legume pohon pada stratum 3.

Baca juga: Rayakan Dies Natalis ke-21, Rektor Universitas Timor Sampaikan Pesan Inspiratif

Ketua Kelompok Tani Serikat Oeliurai, Nofryanus Leu mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kelompok tani dan dia berterimakasih kepada para dosen dan mahasiswa dari Universitas Timor yang sudah berbagi ilmunya bagi kelompoknya dan sudah membantu untuk menanam hijauan pakan serta teknologi pengawetan pakan.

Gerson berterimakasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dalam hal ini Direkrorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) yang mendukung pendanaan kegiatan ini.(*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

 
 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved