Berita NTT

PLN Mendukung Pengembangan UMKM di Kabupaten Ende Lewat Rumah BUMN

memajukan UMKM di Ende, PLN Kelola tiga Rumah BUMN, masing-masing di Ende, Bajawa dan Sabu. Rumah BUMN Ende yang merupakan wadah pembinaan UMKM turut

Editor: Ferry Ndoen
ISTIMEWA
RUMAH BUMN - PLN Kelola tiga Rumah BUMN, masing-masing di Ende, Bajawa dan Sabu. Rumah BUMN Ende yang merupakan wadah pembinaan UMKM turut berpatisipasi dan mengambil bagian pada berbagai kegiatan dengan memamerkan produk-produk UMKM Mitra Binaan baik PLN maupun mitra Binaan dari BUMN lain 

POS-KUPANG.COM - Dalam mengambil peran untuk memajukan UMKM di Ende, PLN Kelola tiga Rumah BUMN, masing-masing di Ende, Bajawa dan Sabu. Rumah BUMN Ende yang merupakan wadah pembinaan UMKM turut berpatisipasi  dan mengambil bagian pada berbagai kegiatan dengan memamerkan  produk-produk UMKM Mitra Binaan baik PLN maupun mitra Binaan dari Badan Usaha Milik Negara BUMN lain.

Rumah BUMN Ende mengikuti Penyelenggaraan event sepak bola  antar kabupaten "Soeratim Cup U17" dan Kelimutu Expo yang merupakan satu rangkaian kegiatan Festival Sepekan Danau Kelimutu yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM dan Dinas Pariwisata & Ekraft Kabupaten Ende yang berlangsung dari tanggal 02 - 14 Agustus 2022 lalu.

Kehadiran rumah BUMN Ende ini adalah sebagai sebagai media promosi dan meningkatkan akses pasar bagi produk UMKM agar dikenal masyarakat secara luas, meningkatkan perekonomian UMKM Mitra Binaan dan meningkatkan kepercayaan diri pelaku usaha dalam memproduksi produk-produknya untuk  bisa dikembangkan di pasar regional ,nasional bahkan sampai pasar internasional.

Kegiatan ini mengikutsertakan 5 (lima) UMKM yakni : UMKM Warasiko, UMKM Weluwini, UMKM Golulada, UMKM Tenje Collection dan UMKM Rizkykana.

Kami merasakan manfaatnya secara langsung dimana lebih mudah mengenalkan UMKM dan memasarkan produk kerajinan karena cukup banyak masyarakat yang antusias berkunjung ke stand – stand pameran. Sebelumnya cuma dipasarkan di tempat usaha sendiri dan belum semua masyarakat mengunjungi atau membeli produk kami. ini berpengaruh pada pendapatan kami dimana terdapat kenaikan sebagai dampak dari penjualan produk - produk. Terima kasih kepada PLN yang mengikutsertakan kami dalam kegiatan pameran ini, tutup salah satu pelaku UMKM.

Disamping itu, melalui PAMERAN BULAN KELOKALAN NTT II, Rumah BUMN Ende berkolaborasi dengan Komunitas Ekonomi Kreaftif ( Ekraft)  Victory NTT Moni  kembali menggelar  Event "Festival Bulan Kelokalan NTT II.

Kegiatan yang berlangsung dari  tanggal 10 – 31 Agustus 2022 ini bertemakan “Bangkit UKM Pariwisata dan Ekraft Menuju Terang Ekonomi Keluarga” diselenggarakan di lokasi Rumah Ektaft Victory NTT Gardu Pandang Moni Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende  melibatkan 21 (dua puluh satu) UMKM dengan berbagai macam produk UMKM baik kerajinan tangan, berbagai variasi minyak maupun makanan dan kopi.

Ketua Komunitas Ekraft Victory NTT Moni Valentinus Reku mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PLN dimana mau memfasilitasi kegiatan tersebut. Produk – produk UKM semakin dikenal masyarakat luas, selain itu kami juga dapat membimbing pelaku UMKM untuk variasi produk yang beranekaragam dari suatu bahan sehingga semuanya memiliki nilai jual dan tidak terbuang percuma.

Pada intinya kami akan melaksanakan pendampingan untuk meningkatkan kualitas produk, membuka dan menciptakan pasar, secara khusus untuk pegiat UMKM dan Ekraft daerah pedalaman di kabupaten Ende sampai sedaratan Flores.

Selama kegiatan ini berlangsung cukup menarik perhatian pengunjung. Pengunjung yang mengunjungi lokasi pameran terdiri dari wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara yang sekaligus berwisata ke Danau Kelimutu, ungkap Valen.

Sementara itu Manager PLN UP3 Flores Bagian Barat (FBB)  Saut Pandjaitan  yang diwakili oleh Manager Bagian Keuangan dan Umum Yosep Rizal Toy saat mengunjungi lokasi pameran dan berdiskusi dengan Komunitas Ekraft Victory NTT Moni mengungkapkan kekagumannya pada penggiat Ekraft Victory NTT Moni yang mana masih mau peduli sehingga dengan semangatnya melakukan riset, pelatihan serta pengembangan UMKM secara berkesinambungan.

Lebih lanjut Yos mengungkapkan hadirnya PLN lewat Rumah BUMN Ende pada kegiatan ini diharapkan juga dapat mendata kelompok UMKM yang belum memiliki legalitas usaha dan produk. Bilamana sudah memiliki legalitas produk maka produk – produk ini dapat lebih mudah dipasarkan ke minimarket – minimarket yang ada di kota Ende dan sekitarnya.

Ini adalah tugas kita bersama untuk berkolaborasi dalam pendampingan pelaku UMKM. Dukungan PLN melalui Rumah BUMN Ende sebagai sponsor utama dalam bentuk pendanaan opersional dalam event ini agar pelaku UMKM dan Ekraft semakin berkembang sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, tutup Yos. (*)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

pln 345
RUMAH BUMN - PLN Kelola tiga Rumah BUMN, masing-masing di Ende, Bajawa dan Sabu. Rumah BUMN Ende yang merupakan wadah pembinaan UMKM turut berpatisipasi dan mengambil bagian pada berbagai kegiatan dengan memamerkan produk-produk UMKM Mitra Binaan baik PLN maupun mitra Binaan dari BUMN lain
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved