Kuliner Khas NTT

Kuliner Khas NTT: Perkedel Mentega Susu yang Lembut dan Lezat

Kuliner Khas NTT: Perkedel Mentega Susu yang Lembut dan Lezat Secara umum cara untuk membuatnya sama seperti membuat perkedel pada umumnya. Namun camp

Penulis: Ferry Ndoen | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/FERRY NDOEN
PERKEDEL - Perkedel kentang saat disajikan bersama mie goreng spesial ala Ferry Ndoen, dua menu masakan kuliner khas Kupang yang paling lezat. 

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Ferry Ndoen 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Banyak varian cita rasa masakan kuliner khas Kupang yang bisa memanjakan lidah Anda. Salah satunya adalah kuliner khas Kupang Perkedel mentega susu dengan cita rasa tinggi nan lembut.

Untuk membuat kuliner khas Kupang yang satu ini ada rahasianya. Secara umum cara untuk membuatnya sama seperti membuat perkedel pada umumnya. Namun campuran bahan jenis ini yang harus diperbanyak.

Baca juga: Kuliner Khas NTT: Pisang Goreng Spesial Khas Kota Kupang

Jika bahan masakan ini diperbanyak maka selain akan membuat Perkedel mentega susu lebih lembut, tapi juga akan memanjakan lidah Anda dengan cita rasa lebih sedap.

Bahan yang perlu disiapkan yakni bahan dasar buah kentang.

Jika waktu lalu, kita membeli dan menyiapkan perkedel asli Timor agar perkedel lebih garing dan lezat, namun kali ini kita membeli kentang Manado yang jika di iris dan digoreng atau direbut akan lebih lembut sebelum dibentuk untuk digoreng.

Setelah menyiapkan kentang, kita menyiapkan segenggam daun sop atau daun seledri. Daun ini diriris.

Bahan kedua yakni bawang merah kita iris lalu digoreng di wajan. Lalu, kita siapkan telur 2- 4 butir serta haluskan daging cincang.

Semua bahan yang ada, khususnya kentang setelah digoreng dihaluskan dan dicampur dengan daging giling hingga campuran menjadi merata.

Lalu, masukan daun selediri dan bawang merah yang sudah digoreng. Semua bahan ini dicampur atau diblenderatau yang paling bagus diramas pakai tangan atau diulik hingga menjadi halus, masukan lada/merica dan pala secukupnya.

Saat dicampur bahan perkedel ini, masukan mentega dan susu bubuk bisa Frisian Flag atau Susu Dancow 1-2 saset.

Setelah semua bahan tercampur rata, bahan ini dibentuk menjadi oval atau berbentuk bola-bola.
Bahan yang sudah berbentuk perkedel ini lalu dicelupkan ke dalam telur dan sudah diblender bersama mentega

Setelah itu bahan perkedel ini digoreng dengan api yang pelan atau api kecil hingga perkedel menjadi merah kecoklatan dan menjadi matang.

Perkedel diangkat ditaruh ke dalam loyang/bokor kaca yang eklusif lalu ditaruh di meja makan. Perkedel mentega susu nan lembut siap disantap bersama keluarga atau siap disantap bersama tamu spesial Anda.

Selamat menikmati perkedel mentega susu nan lembut ala Ferry Ndoen. (fen)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

perkedel kentang ok zcs
PERKEDEL - Perkedel kentang saat disajikan bersama mie goreng spesial ala Ferry Ndoen, dua menu masakan kuliner khas Kupang yang paling lezat.
PERKEDEL - Perkedel kentang saat disajikan bersama mie goreng spesial ala Ferry Ndoen, dua menu masakan kuliner khas Kupang yang paling lezat.
PERKEDEL - Perkedel kentang saat disajikan bersama mie goreng spesial ala Ferry Ndoen, dua menu masakan kuliner khas Kupang yang paling lezat. (POS-KUPANG.COM/FERRY NDOEN)

 


 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved