Berita Flores Timur

Kalahkan Pemda Flotim di PTUN, Kades Kolilanang Dilantik

Pemda Flores Timur melalui Penjabat Bupati, Doris Alexander Rihi melantik Kepala Desa Kolilanang, Ferdi Baik di lapangan cenderawasih Desa Kolilanang

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/AMAR OLA KEDA
KOLILANANG - Penjabat Bupati Flotim, Doris Rihi saat melantik Kades Kolilanang 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda

POS-KUPANG.COM,ADONARA - Pemda Flores Timur melalui Penjabat Bupati, Doris Alexander Rihi melantik Kepala Desa Kolilanang, Ferdi B. Baik di lapangan cenderawasih Desa Kolilanang, Rabu 31 Agustus 2022.

Pelantikan ini dilakukan setelah gugatan Ferdi B. Bain dikabulkan majelis hakim PTUN Kupang pasca adanya keputusan Bupati Flores Timur Nomor 326 tahun 2021 tanggal 7 Desember 2021 yang membatalkan pelantikan Kepala Desa Kolilanang terpilih.

Penjabat Bupati Flores Timur Doris Rihi mengatakan, suatu kebanggan dan kehormatan bagi seluruh masyarakat Kolilanang bahwa semua masyarakat telah bersepakat dan menerima baik secara kekeluaragaan maupun secara legitimasi hukum bahwa Ferdi B. Bain telah menjadi Kepala Desa Kolilanang.

"Saya bangga dengan Pak Ferdi B. Bain yang telah menunjukkan teladan hukum yang baik. Pak Ferdi telah menempuh proses yang tepat yaitu melalui jalur hukum. Semua kita harus taat pada hukum," ujarnya. 

Baca juga: Suami yang Bunuh Istri di Solor Timur Flores Timur Serahkan Diri ke Polisi

Ia mengatakan, jabatan kepala desa merupakan tugas yang diberikan oleh negara untuk mengemban dan mengabdi untuk kesejahteraan masyarakat desa sesuai dengan sumpah yang diambil. 

"Mengemban tugas sebagai pemimpin harus mampu mewujudkan kesejatraan masyarakat di Desa Kolilanang," katanya. 

"Saya menyatakan bahwa semuanya siap untuk menyelenggarakan pelantikan ini dengan baik dan sekarang saya melihat di depan saya sudah terbukti bahwa masyarakat Kolilanang berada dalam sutu kebersamaan, satu kekeluargaan untuk menerima Kepala Desa dan akan bersama-sama dengan Kepala Desa," sambungnya. 

Sebagai kepala desa, kata dia, maka harus menjalankan tugas pemerintahan, tugas pembangunan dan tugas kemasyarakan.

"Kalo kita memahami dan meresapai konsep filosofi pemerintahan itu ibarat kita berada dalam satu rumah tangga, disitu adanya yang dituakan ada bapa mama ada juga anak - anak. Kita mewujudkan suatu rumah tangga bagaimana kita dapat mempertahankan hidup, bagaimana dapat memberikan partisiapasi dalam lingkungannya, bagaimana kita bersosialisai secara luas bagi sosial kemasyarakatan yang ada," jelasnya.

Ia menambahkan, filosofi pemerintahan ini kiranya menjadi resapan dan  makna yang terdalam di hati Kepala Desa Kolilanang dalam menjalankan tugas.

 “Mengembangkan tugas sebagai kepala desa adalah suatu komunitas organisasi yang lebih besar, kita ditunjuk sebagai kepala desa diidentikan sebagai kepala keluarga. Harus betul-betul membersihkan hati kita untuk memberikan pelayanan yang tulus. Kepala desa akan berinteraksi dengan semua orang dengan latar belakang yang berbeda. Semua ini tidak terjadi dengan sendirinya. Ini proses dari sebuah komunitas adat istiadat yang ada dan bagaimana untuk menghormati orang tua untuk bersama-sama,” pesan Doris. (*)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

KADES KOLILANANG OKSDXCV
POSE - Penjabat Bupati Flotim, Doris Rihi saat melantik Kades Kolilanang

 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved