Berita Nasional

Pemerintah Segera Salurkan Bansos Pengalihan Subsidi BBM

Pemerintah Republik Indonesia akan segera menyalurkan bantuan sosial ( Bansos) sebagai pengalihan dari subsidi BBM.

Editor: Agustinus Sape
YOUTUBE SEKRETARIAT PRESIDEN
BANSOS - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo alias Jokowi. Dia menyampaikan bahwa Pemerintah akan segera mencairkan bansos untuk masyarakat sebagai bentukan pengalihn BBM. 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Pemerintah Republik Indonesia akan segera menyalurkan bantuan sosial ( Bansos) sebagai pengalihan dari subsidi BBM.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyebut ada tiga jenis Bansos yang akan diberikan untuk meringankan beban masyarakat.  

Total anggaran untuk Bansos sebesar Rp 24,17 triliun, akan disalurkan kepada masyarakat secara bertahap.

"Saya berharap agar bantuan sosial ini dapat meringankan beban masyarakat yang dihadapkan pada tekanan berbagai kenaikan harga," ujar Jokowi melalui unggahan di akun Twitter resminya @jokowi, Senin 29 Agustus 2022 malam.

Jokowi lantas menjelaskan, dari Rp 24,17 triliun total anggaran bansos, sebanyak Rp 12,4 triliun akan disalurkan kepada 20,65 juta penerima.

Bentuk bansos yang disalurkan ini berupa bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi BBM sebesar Rp 150.000, dikalikan empat. Sehingga total ada Rp 600.000, BLT pengalihan subdisi BBM yang akan diterima oleh masing-masing penerika manfaat.

Adapun pembayaran BLT ini dilakukan dalam dua termin. Masing-masing termin akan dibayarkan sebesar Rp 300.000.

"Lalu, Rp 9,6 triliun disalurkan kepada 16 juta pekerja dengan gaji maksimal Rp 3,5 juta per bulan, masing-masing Rp 600 ribu," tutur Jokowi.

"Selanjutnya, pemerintah daerah akan menggunakan anggaran 2 persen dari dana transfer umum yaitu Dana Alokasi Umum dan Dana Bagi Hasil dalam bentuk subsidi transportasi," lanjutnya.

Dana yang totalnya Rp 2,17 triliun ini menurutnya aka disalurkan untuk membantu sektor transportasi seperti angkutan umum, ojek hingga nelayan.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, tiga jenis bansos akan disalurkan.

Baca juga: Jokowi Minta Menhub Atasi Kenaikan Harga Tiket Pesawat

Dalam rangka untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Terutama karena dalam beberapa waktu terakhir terdapat tendensi dari kenaikan harga berbagai komoditas yang berasal dari pengaruh situasi ekonomi global.

"Memang perlu untuk direspons. Bapak Presiden meminta supaya kami, saya dalam hal ini bersama dengan Menteri Sosial dan Gubernur BI yang juga menceritakan mengenai perkembangan dari inflasi global, diminta untuk menyampaikan kepada masyarakat," tutur Sri Mulyani dalam keterangan pers usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Kantor Presiden pada Senin.

"Bahwa pemerintah akan mulai memberikan bantuan sosial tambahan sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM," tambahnya.*

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Salurkan Bansos Rp 24,17 Triliun, Jokowi Harap Dapat Ringankan Beban Masyarakat"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved