Ganjar Pranowo

Survei Terbaru SMRC, Ganjar Pranowo Teratas Disusul Prabowo dan Jokowi, Anies Baswedan?

Elektabilitas Ganjar Pranowo berada di posisi teratas berdasarkan hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Editor: Agustinus Sape
YOUTUBE/GANJAR PRANOWO
SALAMI WARGA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyalami warga saat kunjungan Presiden Jokowi di Pasar Peterongan Semarang, Selasa 5 Juli 2022. Hasil survei SMRC menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo untuk capres menempati posisi teratas. 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Elektabilitas Ganjar Pranowo berada di posisi teratas berdasarkan hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Di bawah Ganjar Pranowo berturut-turut Prabowo Subianto, Jokowi, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Muhaimin Iskandar, Megawati Soekarnoputri dan Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY). 

Secara rinci dalam temuan mengenai simulasi terbuka ini, elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 17,6 persen, Prabowo Subianto di urutan kedua dengan meraup 12,6 persen.

“Jadi jaraknya sekitar 5 persen,” kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani, dikutip dari Youtube SMRC TV, Selasa 23 Agustus 2022.

Selain dua nama tersebut, para responden juga memilih nama Presiden Joko Widodo.

Jokowi berada di peringkat ketiga dengan tingkat keterpilihan mencapai 12,5 persen, atau terpaut 0,1 persen dari Prabowo yang berada di urutan kedua.

Deni menjelaskan munculnya nama Jokowi karena responden menjawab pertanyaan secara spontan.

“Ini jawaban spontan bisa menyebut siapa saja yang menurut mereka ingin dipilih,” ujar Deni.

Baca juga: Komentar Ganjar Pranowo Soal Kunjungan Puan ke Surya Paloh: Siapa Saja Boleh

Sementara posisi keempat diraih Gubernur DKI Jakarta dengan elektabilitas 9,1 persen.

Posisi kelima diduduki Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 4,3 persen dan disusul Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dengan 1,3 persen.

Selanjutnya Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dengan 1,2 persen dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti dengan perolehan yang sama dengan Megawati.

Survei ini melibatkan 1.220 responden yang diwawancarai secara tatap muka. Waktu wawancara lapangan digelar sejak 5-13 Agustus 2022.

Sementara margin of error survei diperkirakan sebesar 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

OMG Lampung

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved