Kuliner Khas NTT

Kuliner Khas NTT : Sambal Terasi Khas Kupang Penambah Nafsu Makan

mencoba makan sambal terasi khas Kupang, beta sonde jamin Anda sonde akan tambah nasi putih karena akan merangsang nafsu makan Anda.

Penulis: Ferry Ndoen | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/FERRY NDOEN
SAMBAL - Sambal terasi (kanan) bisa colo-colo deng lalapan buncis, kol, wortel ala fery ndoen apalai saat ini minyak mahal colo-colo deng lalapan murah meriah 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.Com, Ferry Ndoen

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Bagi Anda yang lagi malsa makan, atau bagi Anda yang selera makan lagi menurun, Anda bisa mencoba kuliner khas NTT yang satu ini. Dijamin pasti sekali coba akan tambah nasinya.

Tapi bagi Anda yang bermasalah dengan sakit gula atau diabetes, beta sarankan sebaiknya jangan coba makan sambal terasi khas Kupang yang juga salah satu Kuliner Khas NTT.

Pasalnya, jika Anda mencoba makan sambal terasi khas Kupang, beta sonde jamin Anda sonde akan tambah nasi putih karena akan merangsang nafsu makan Anda.

Tentu hal ini akan berpengaruh dengan sakit gula Anda karena akan ada tmbahankar bohidrat.

Yang membuat Anda terangsang untuk menambah nasi saat makan sambal terasi khas Kupang karena baunya yang sangat khas dan sambal ini ada beberapa bahan yang sangat spesial.

Diantaranya tomat chery Timor yang rasanya sdikit kecut tapi kalo su jadi sambal akan membuat Anda lebih bergairah makan sambal terasi khas Kupang.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal terasi khas Kupang sangat sederhana.

Baca juga: Kuliner Khas NTT : Ubi Goreng Oebelo Rasa Gurih Kalahkan Ubi Nuabosi Ende

Yang pertama Anda tinggal ke Pasar Oeba, di Kelurahan Fatubesi Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang,atau melangkah ke Pasar KASIH Naikoten 1, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang atau ke Pasar Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang.

Di tiga pasar ini Anda bisa membeli terasi Kupang. Terasi Kupang ini lempengannya tipis berukuran segi empat dengan lembar seperti kartu atau KTP.
Harga terasi khas Kupang 3 atau 4 lempeng Rp 1000.

Anda bisa beli beberapa lempeng terasi, lalu pulang dan bakar terasi kupang di bara kayu kusambi.

Saat Anda bakar terasi khas Kupang ini baunya akan terasa sangat harum.

Pasalnya, terasi khas Kupang ini dibuat pakai udang ebi dari pesisir Pantai Noelbaki. Ebi atau udang halus ini yang dijemur atau dikeringkan lalu di olah menjadi terasi khas Kupang.

Setelah Anda bakar di atas api bara kayu kusambi sekitar 1-2 menit, Anda taruh dalam cobek
Lalu, Anda ulik terasi khas Kupang dengan kurus/lombok alus Timor.

Setelah terasi dan kurus padi su halus, Anda bisa tuang  dalam cobe sedikit garam Oebelo.
Lalu, Anda ambil 2 genggam tomat Chery Timor lalu digoreng pakai minyak sampai layu, lalu Anda tiris masukan ke dalam cobek lalu diulak sampai halus.

Sambal terasi khas Kupang campuran Tomat Chery Timor ini sangat gurih dan lezat apalagi jika Anda tambahkan sdikit daung kemangi hutan saat Anda mengulik sambalnya dalam cobek.

Sambal terasi khas Kupang ini selain bisa dimakan dengan nasi beras tumbuk Oesao tapi juga bisa dimakan deng ato colo-colo deng ubi rebus atau ubi goreng Oebelo... awiii pung nikmat lai. Bisa juga sambil minum deng kopi jahe Timor.

Selamat mencoba dan selamat menikmati sambal terasi khas Kupang ala/buatan Ferry Ndoen. (fen)

kuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

sambal terasi okxd
SAMBAL - Sambal terasi khas Kupang dan lalapan ala Kupang jadi kuliner khas NTT untuk tamu spesial Anda, selamat menikmati
SAMBAL - Sambal terasi (kanan) bisa colo-colo deng lalapan buncis, kol, wortel ala fery ndoen apalai saat ini minyak mahal colo-colo deng lalapan murah meriah
SAMBAL - Sambal terasi (kanan) bisa colo-colo deng lalapan buncis, kol, wortel ala fery ndoen apalai saat ini minyak mahal colo-colo deng lalapan murah meriah (POS-KUPANG.COM/FERRY NDOEN)
TOMAT - Tomat Chery, salah satu bahan untukmembuat sambat terasi khas Kupang.Anda bisa beli di Pasar KASIH Naikoten 1 Kupang atau beli di Pasar Oeba, Kelurahan Fatubesi, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang. Harga satu tumpuk Rp 5.000. Tomat chery ini jika diolah dengan terasi kupang rasanya sangat gurih.
TOMAT - Tomat Chery, salah satu bahan untukmembuat sambat terasi khas Kupang.Anda bisa beli di Pasar KASIH Naikoten 1 Kupang atau beli di Pasar Oeba, Kelurahan Fatubesi, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang. Harga satu tumpuk Rp 5.000. Tomat chery ini jika diolah dengan terasi kupang rasanya sangat gurih. (POS-KUPANG.COM/FERRY NDOEN)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved