Berita Labuan Bajo

Tingkatkan Pelayanan Wisata Super Prioritas, PLN Relokasi Kantor UP3 FBB dari Ende  ke Labuan Bajo

Labuan Bajo sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), PLN merelokasi UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan FBB Flores Bagian Barat

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/GECIO VIANA
LABUAN BAJO - Suasana relokasi Kantor PLN UP3 Flores Bagian Barat dari Ende ke Labuan Bajo dan Launching Pembentukan PLN Unit Layanan Ende di Jln Ishaka Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Rabu 17 Agustus 2022. 

POS-KUPANG.COM - Dengan ditetapkannya Labuan Bajo sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), PLN merelokasi UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan FBB Flores Bagian Barat yang semula di Ende  ke Labuan Bajo sedangkan di Ende  dibentuk  ULP (unit pelayanan pelanggan) Ende.

Labuan Bajo terletak di Kabupaten Manggarai Barat termasuk dalam Wilayah Kerja UP3 Flores Bagian Barat. Dimana Kantor  PLN UP3 Flores Bagian Barat sebelumnya berlokasi di Kota Ende yang melayani pasokan kelistrikan di 6 Kabupaten yaitu: Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi Maluku Papua dan Nusa Tenggara PT PLN (Persero), Adi Priyanto menyampaikan bahwa kebutuhan pelayanan pelanggan UP3 Flores Bagian Barat terutama di Kawasan Super Prioritas Nasional (KSPN) saat ini Labuan Bajo masih dilayani oleh kantor setingkat Unit Layanan Pelanggan.

"Dengan kondisi tersebut dan melihat perkembangan ekonomi dan pertumbuhan pelanggan, PLN melakukan relokasi lokasi kantor UP3 FBB agar dapat meningkatkan pelayanan dari yang sebelumnya dilayani oleh ULP, bisa dilayani langsung oleh UP3."tutur Adi.

Wilayah kerja  PLN ULP Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat seluas 23.141 km2 dengan jumlah penduduk sekitar kurang lebih 256.317 jiwa mencakup 12 kecamatan dan 164 Desa dengan total pelanggan PLN sekitar 39.814.

Dengan direlokasinya lokasi UP3 Flores Bagian Barat dari Ende ke Labuan Bajo, untuk menjaga kegiatan pelayanan pelanggan kelistrikan di Kota Ende, saat ini maka diperlukan adanya pembentukan Unit Layanan Pelanggan Ende (ULP Ende).

Adi menambahkan Keunggulan Potensi Pasar Kawasan Ekonomi Khusus Labuan Bajo seperti acara yang telah terlaksana dide event G20 di tahun 2022 dan nantinya juga menjadi lokasi acara Asean Summit pada tahun 2023

_Peran PLN di Green Tourism Labuan Bajo, Perkuat Kelistrikan dengan Pelayanan Zero Down Time (ZDT) di Labuan Bajo_

PLN Siap Mendukung Kawasan Ekonomi Khusus seperti di Tanamori/Golomori dengan Potensi 46,3 MVA dari 2022 sampai dengan 2035, lalu Kawasan Ekonomi Khusus Tana Naga, Potensi pasar penambahan pelanggan potensial TM di Labuan Bajo rata-rata 4 plg per tahun atau setara 40 persen/tahun Yoy dari total pelanggan TM tahun sebelumnya.

Tidak hanya itu, Persiapan PLN membangun Energi Hijau nantinya akan dibangun PLTS 30 MWp di Kab. Manggarai Barat. (Green Energy di Labuan Bajo)

PLN bersinergi untuk Green tourism bekerjasama dengan BPOLF, lalu gencar electrifying lifestyle seperti kehadiran SPKLU, EV, Kompor Induksi dan mengedepankan EBT di Sistem Flores seperti PLTP Ulumbu & Sokoria, PLTS Maumere dan PLTMH Dunga.

Adi berharap dengan relokasi kantor UP3 Flores Bagian Barat ke Labuan bajo dan pembentukan PLN ULP Ende pada UP3 Flores Bagian Barat, maka PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur Siap Memberikan Pelayanan Terbaik.

"Semoga pelayanan listrik andal dan diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan investor dan negara-negara yang berkunjung terhadap kualitas pasokan listrik di Indonesia khususnya di Labuan Bajo," kata dia.  

Guna memastikan layanan tersebut, PLN menggelontorkan investasi lebih dari Rp 9,9 miliar untuk membangun infrastruktur kelistrikan dan pendukungnya.

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dalam sambutannya, mengatakan,"Sungguh luar biasa hari ini kita memperingati HUT RI ke-77 dengan tema, "Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat".

Namun kepada PLN saya ingin mengatakan bahwa Terang Semua Bangkit Lebih Kuat. Doa kami, PLN menyala sampai seluruh pelosok. Kehadiran UP3 FBB di Labuan bajo ini harapan baru pelayanan listrik akan lebih jauh  baik , kami yakin bahwa cerita indah dihari ini berlanjut di hari esok dan hari esok lagi.

Kami menaruh harapan besar bahwa Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores dan NTT akan terang dan terang terus, Terima kasih PLN  sinergisitas antara pemerintah dan PLN ini perlu dijaga, sehingga saling mengisi apa yang di butuhkan pemerintah diisi oleh PLN dan apa yang di butuhkan PLN dari pemerintah di isi oleh pemerintah", Ungkap Edistasius.

Hadir pada  kegiatan tersebut via live zoom Direktur PLN Bisnis Regional Sulmapana Adi Priyanto, EVP  Distribusi Indradi Setiawan, GM PLN NTT Agustinus Jatmiko, VP Human Development  Talent Area 10 PLN Oldy Boyke Masinambouw,  Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi,  Ketua DPRD Manggarai Barat Marthinus Mitar, Sekda Manggarai Barat Fransiskus Sales Sodo,  Direktur BPOLBF Shana Fatina dan Forkopimda Kabupaten Manggarai Barat dan Stakeholder pelaku pariwisata di Labuan Bajo. (*)

pln labuan bajo up3 ok
Tingkatkan Pelayanan Wisata Super Prioritas, PLN Relokasi Kantor UP3 FBB dari Ende ke Labuan Bajo
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved