Berita Labuan Bajo

Pemda Mabar Sambut Baik Relokasi Kantor UP3 FBB dari Ende ke Labuan Bajo

Pemerintah Daerah Manggarai Barat atau Pemda Mabar menyambut baik relokasi Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Flores Bagian Barat

Penulis: Gecio Viana | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/GECIO VIANA
LABUAN BAJO - Suasana relokasi Kantor PLN UP3 Flores Bagian Barat dari Ende ke Labuan Bajo dan Launching Pembentukan PLN Unit Layanan Ende di Jln Ishaka Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Rabu 17 Agustus 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Pemerintah Daerah Manggarai Barat atau Pemda Mabar menyambut baik relokasi Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Flores Bagian Barat (UP3 FBB), yang berada di Ende ke Labuan Bajo sedangkan di Ende dibentuk  ULP (unit pelayanan pelanggan) Ende. 

Hal tersebut dilakukan untuk optimalisasi pelayanan di Labuan Bajo yang ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)

"Sungguh luar biasa memilih hari ini yang bertepatan dengan hari kemerdekaan untuk melakukan relokasi Kantor PLN UP3 Flores Bagian Barat dari Ende ke Labuan Bajo dan Launching Pembentukan PLN Unit Layanan Ende," kata Bupati Mabar, Edistasius Endi saat memberikan sambutan, Rabu 17 Agustus 2022.

Bupati yang akrab disapa Edi Endi meyakini, dengan adanya pendekatan pelayanan, maka optimalisasi pemenuhan listrik di Labuan Bajo dan seluruh desa di daerah itu dapat terwujud. 

"PLN memindahkan kantor ke Labuan Bajo. Manggarai Barat ini tidak hanya Labuan Bajo, Labuan Bajo bagian dari Mabar, tentu fokus pelayanan tidak hanya di sini tapi di seluruh pelosok desa dan kampung di Mabar ini," jelasnya. 

Baca juga: PLN Bangun Sistem Transmisi di Nusa Tenggara, 79 % Menggunakan Kandungan Dalam Negeri

Pihaknya juga meyakini semua lapisan masyarakat dapat terlayani dan pengembangan sektor pariwisata akan lebih ditingkatkan. 

"Harapan semua desa diterangi listrik, kalau semua desa dan kampung ada listrik, tidak hanya pulih dan kuat, tapi kuat sekali. Semoga sukses, tidak ada hambatan, kami punya keyakinan hanya ada satu cerita, PLN tidak pernah padam, tidak boleh tidak hadir," katanya. 

Ketua DPRD Mabar, Martinus Mitar mengucapkan terima kasih atas perhatian PLN yang lebih mendekatkan pelayanan di Labuan Bajo

Adanya pelayanan listrik, lanjut dia, tidak hanya demi pengembangan sektor pariwisata di Labuan Bajo, namun dapat menjangkau masyarakat di pedesaan. 

"Harapannya pemerataan layanan listrik di desa bukan hanya di Labuan Bajo, terlebih daerah ini memiliki 169 desa kelurahan yang harus dilayani. Keuntungan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super prioritas maka semua desa harus terang, tidak ada yang tidak boleh terang," katanya. 

Direktur Bisnis Regional Sulawesi Maluku Papua dan Nusa Tenggara PT PLN (Persero), Adi Priyanto menyampaikan bahwa kebutuhan pelayanan pelanggan UP3 Flores Bagian Barat terutama di Kawasan Super Prioritas Nasional (KSPN) saat ini Labuan Bajo masih dilayani oleh kantor setingkat Unit Layanan Pelanggan.

"Dengan kondisi tersebut dan melihat perkembangan ekonomi dan pertumbuhan pelanggan, PLN melakukan relokasi lokasi kantor UP3 FBB agar dapat meningkatkan pelayanan dari yang sebelumnya dilayani oleh ULP, bisa dilayani langsung oleh UP3," tutur Adi dalam keterangan yang diterima. 

Wilayah kerja  PLN ULP Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat seluas 23.141 km2 dengan jumlah penduduk sekitar kurang lebih 256.317 jiwa mencakup 12 kecamatan dan 164 Desa dengan total pelanggan PLN sekitar 39.814. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved