Kuliner Khas NTT

Kuliner Khas NTT: NIkmati Sabu-Sabu yang satu Ini Sonde Melanggar Aturan Biji Kici Tapi Nikmat

Tapi bagi basong yang suka menikmati Kuliner Khas NTT yang satu ini sonde masalah, basong bisa menikmati kacang Sabu deng bua ato isi kacang lebe kici

Penulis: Ferry Ndoen | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/FERRY NDOEN
KACANG - Kacang tana asal Pulo Sabu setelah digoreng garing rasa gurih sangat nikmat. Selamat mencoba dan selamat menikmati. 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Ferry Ndoen

POS-KUPANG.COM, KUPANG - BNN sakarang su mo alihkan untuk pengguna/penikmat Sabu dialihkan untuk ditangani secara permanen dengan cara tindakan cum rehabilitasi hingga sembuh dan son sentu lai deng pidana.

Tapi bagi basong yang suka menikmati Kuliner Khas NTT yang satu ini sonde masalah, basong bisa menikmati kacang Sabu deng bua ato isi kacang lebe kici tapi rasanya lebe gurih dibanding kacang dari luar NTT yang buahnya ato daging kacang tananya lebe besar.

Kacang tana yang ditanam petani dari Pulo Sabu memang bentuknya kici ana tapi rasanya sangat menggigit. Kacang tanah asal Pulo Sabu dan kalo su goreng agak garing deng minyak lalu basong masko deng kopi panas, beta jamin pasti basong su lupa samua masalah hidop

Ini yang  jadi pembeda antara Kacang tana asal Sabu dan Sabu Sabu. Kalo kacang tanah asal Pulo Sabu makan sonde timbulkan persolaan bahkan membawa kenikmatan, tapi Sabu-Sabu NIkmat membawa Sengsara karna Bui pasti menunggu basong abis menikmati Sabu Sabu.

Beta kali ini mo suguhkan Kuliner Khas NTT yakni Kacang Goreng asal Pulau Sabu.Buah kici tapi rasanya sgudang dbanding kacang dari luar NTT buahnya agak lebe besar tapi kurang gurih.

Baca juga: Kuliner Khas NTT : Jangan Bilang Datang Kupang Kalo Belum Makan Babi Cim Khas Timor

Mengapa kacang sabu lebe enak dan guri dibanding kacang dari luar NTT ? Ini karena karskteristik kacang sabu ditanam pada kontur tana yang agak bapasir dibanding tanah di wilaya laen yang tanahnya lebe padat.

Karna itu bentuk kacang tana sabu buahnya agak lebi kici dengan jumlah biji kacang agak lebe banyak dibanding kacang dari wilayah diari luar Pulau Sabu yang buah kacangnya agak lebe besar dengan jumlah polong kacang yang lebe sedikit.

Cara membuat kacang Sabu yang gurih sanga mudah. Caranya, kacang tana abis dikupas, jemur satu ato dua hari kasi agak kering lalu kupas dan rendam deng aer lalu kupas kulit arinya.

Kacang tana Sabu lalu dijemur sampe kering lalu digoreng su pake garam dan saat goreng bisa ditaruh bumbu bawang Timor biar Kacang Sabu agak wangi.

Kalo kacang su agak matang dan warna agak mera, na angkat su lalu kasih dingin dan silakan minum dengan Kopi Jahe Timor panas-panas.

Ato kacang tana Sabu yang gurih ini bisa disuguhkan kepada  basong pung tamu spesail. Selamat menikmati kacang Sabu ala ferry Ndoen (fen)

KACANG - Kacang tana asal Pulo Sabu setelah digoreng garing rasa gurih sangat nikmat. Selamat mencoba dan selamat menikmati.
KACANG - Kacang tana asal Pulo Sabu setelah digoreng garing rasa gurih sangat nikmat. Selamat mencoba dan selamat menikmati. (POS-KUPANG.COM/FERRY NDOEN)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved