HUT Kemerdekaan RI ke 77

Kado HUT RI ke - 77, Pemerintah RI Mendapat Penghargaan Swasembada Pangan dari IRRI

produksi padi kini kian meningkat secara signifikan hingga Indonesia mampu mencapai swasembada beras.

Penulis: Paul Burin | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
PENGHARGAAN - Presiden menerima penghargaan dari Dirjen IRRI, Jean Bale di Istana Negara, Minggu, 14 Agustus 2022. 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Pemerintah Republik Indonesia mendapat penghargaan swasembada pangan dari International Rice Research Institute (IRRI) atas pencapaian Indonesia dalam swasembada beras dan meningkatkan sistem ketahanan pangan nasional. Ini merupakan kado besar untuk Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI).

Hal itu disampaikan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu, 14 Agustus 2022.

"Ini kado terbesar HUT RI karena IRRI memberikan penghargaan, memberi pengakuan sistem pertanian dan pangan tangguh dan swasembada beras pada 2019-2021," katanya.

Baca juga: Pagi Ini, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo Cek Kesiapan Lokasi Food Estate Sumba Tengah

PENGHARGAAN -Presiden bersama Mentan SYL di Istana Negara, Minggu 14 Agustus 2022.
PENGHARGAAN -Presiden bersama Mentan SYL di Istana Negara, Minggu 14 Agustus 2022. (POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA)

Sebagai informasi, IRRI menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Indonesia atas keberhasilannya mewujudkan swasembada beras dan meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal IRRI, Jean Balie kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Minggu, kemarin.

Lebih lanjut, Syahrul menuturkan, produksi padi kini kian meningkat secara signifikan hingga Indonesia mampu mencapai swasembada beras. Selain itu, dalam tiga tahun terakhir, negara pun sudah tidak lagi mengimpor beras.

"Melalui penggunaan teknologi inovasi dalam berbagai aspek di bidang pertanian, Indonesia bahkan berhasil membangun bendungan dan irigasi yang jadi tolok ukur hadirnya pertanian yang kuat," ujarnya.

Sebagaimana disampaikan Presiden Jokowi, pencapaian swasembada beras itu merupakan hasil kerja terintegrasi semua pihak, khususnya para petani. Karena itu, pada April 2022, stok beras nasional berada di angka 10,2 juta ton.

Baca juga: Pagi Ini, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo Cek Kesiapan Lokasi Food Estate Sumba Tengah

Meski demikian, Mentan SYL menekankan bahwa upaya memerkuat ketahanan pangan nasional harus dilakukan lebih keras lagi. Hal ini diperlukan guna menghadapi ancaman krisis pangan yang terjadi di tingkat global.

Dirjen IRRI, Jean Balie ketika menyerahkan award itu mengucapkan selamat kepada Indonesia atas keberhasilannya yang luar biasa dalam mencapai swasembada beras dan meningkatkan level ketahanan pangan.

Berdasarkan data dari Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), Indonesia mencapai 90 persen lebih rasio swasembada/rasio antara produksi dalam negeri dengan total permintaan. Ini merupakan pencapaian yang sangat besar juga menunjukkan ketahanan sistim pertanian pangan yang tinggi.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Nusa Tenggara Timur (NTT), Dr. Akhmad Hamdan, S.Pt, MP, di Kupang, Senin,15 Agutus 2022, memberi apresiasi yang tinggi atas penghargaan yang diterima oleh pemerintah dalam hal ini Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo.

Hal ini merupakan hasil kerja keras para petani bersama Kementerian Pertanian dan jajarannya, di tengah krisis ekonomi yang melanda dunia terus melalukan terobosan dalam menjaga ketahanan pangan.

Baca juga: Jokowi Mendadak Tunjuk Syahrul Yasin Limpo Jadi Menteri KKP Ad Interim, Ada Apa dengan Luhut?

Prestasi ini patut dijaga dan dipertahankan. Dibutuhkan kerja sama dari semua pihak, terutama para petani dalam mengolah lahan-lahan pertanian. "Khususnya para petani di NTT," katanya. (*/kompas.com)

Ikuti berita Pos-kupang.com di GOOGLE NEWS 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved