Berita Kota Kupang

Dinas Kesehatan Kota Kupang Sasar 38.400 Anak Untuk Penimbangan, Ini Tujuan dan Manfaatnya

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang akan melakukan rekapitulasi cakupan penimbangan berat badan terhadap anak-anak dari 38.400 anak yang menj

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
drg. Retnowati,M.Kes 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Dinas Kesehatan Kota Kupang akan melakukan rekapitulasi cakupan penimbangan berat badan terhadap anak-anak dari 38.400 anak yang menjadi sasaran penimbangan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Retnowati, menyampaikan hal ini saat diwawancarai di Balai Kota Kupang, beberapa waktu lalu.

Menurutnya laporan ini akan diperbarui setiap harinya sebagaimana sistem pendataan yang dilakukan terhadap pasien Covid-19 di Kota Kupang.

"Sementara masih direkap dan nantinya kita buat seperti laporan Covid-19 dan setiap harinya akan dilaporkan," jawab Retno.

Ia menyebut dengan data harian ini maka dapat dilakukan evaluasi harian soal progres penimbangan. Evaluasi ini akan secara konsisten dilakukan per harinya.

"Tiap hari akan dievaluasi dan hari ini masih kita buatkan formatnya terlebih dahulu kemudian kita akan laporkan setiap hari," lanjut dia.

Tujuan penimbangan berat badan terhadap anak-anak ini, jelasnya, untuk melihat status gizi seperti apakah wasting tanda bahwa anak mengalami kekurangan gizi yang serius, stunting, ataukah gizi buruk.

Sementara untuk Kota Kupang sasarannya adalah 38.400 anak dan diharapkan akan dapat ditimbang seluruhnya sehingga dapat diketahui status gizi masing-masing anak ini.

"Totalnya 38.400 sasaran dan targetnya 100 persen dapat tercapai," bebernya.

Dengan adanya klasifikasi status gizi dari anak-anak yang ada di Kota Kupang ini pun akan mempermudah pemerintah atau lembaga terkait dalam melakukan penanganan lebih lanjut sesuai kebutuhan.

"Kemudian difilter dan peran-peran tiap sektor akan action dalam penanganan," pungkas Retno. (Fan)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Kepala Dinas Kesehatan KOta Kupang, drg. Retnowati
Kepala Dinas Kesehatan KOta Kupang, drg. Retnowati (POS-KUPANG.COM/DOKUMENTASI)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved