Berita NTT Hari Ini

Drg. Ratih Trikusumadewi Sp. RKG :  Insya Allah Saya akan Pulang ke Kupang

Menjalani profesi sebagai seorang dokter punya tantangan yang tak kecil. Banyak memang. Satu di antaranya adalah membangun komunikasi yang familiar

Penulis: Paul Burin | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/HO-DOK PRIBADI
USAI WISUDA - Dokter Ratih usai wisuda,foto bersama mertua Usman Husin dan Erna Husin-Nunuhitu di Kampus Unpad Bandung, Selasa 9 Agustus 2022 

POS-KUPANG.COM, KUPANG- "Perasaan saya saat ini penuh dengan rasa syukur kepada Allah SWT. Rasa syukur dan terima kasih juga untuk orangtua, suami, kakak, adik dan saudara/saudari yang hadir di sini. Semua perjuangan dan Pengorbanan  selama tiga tahun ini terbalaskan, terobati.  Semoga menjadi anak tangga  ke depannya."

Ungkapan ini keluar dari mulut Dokter Gigi Ratih Trikusumadewi Sp.RKG yang baru saja  menyandang predikat sebagai Dokter Gigi Spesialist dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat, Selasa 9 Agustus 2022.

Bagi Ratih, menjalani profesi sebagai seorang dokter punya tantangan yang tak kecil. Banyak memang. Satu di antaranya adalah membangun komunikasi yang familiar dengan pasien. Ini menjadi semacam kata kunci.

Mengapa? Pola ini sungguh mujarab karena sang pasien akan lebih terbuka, jujur dan transparan mengisahkan tentang riwayat sakitnya.

Seorang dokter perlu mengambil peran demikian. Komunikasi seyogyanya lebih lentur. Komunikasi yang membuat pasien aman dan merasa nyaman dengan sang dokter. Komunikasi yang ramah, seramah mungkin.

Dengan demikian, seorang dokter akan lebih mudah menangkap, tak cukup mereka-reka saja, tapi dapat memberi advis kesehatan yang lebih pas agar  berfaedah bagi kesembuhan pasien. 

Kampus negeri ini memang sungguh bergengsi. Dan, Dokter Gigi  Ratih, merupakan satu dari sekian banyak mahasiswa pascasarjana yang  menimba ilmu di Kota Kembang ini.

Luapan kegembiraan  tampak mewarnai acara yang sungguh monumental itu. Semuanya hadir dengan rasa sukacita.

Usai acara wisuda yang dihadiri suami Harry Wayusman Husin, S.Sos, M.M,  dan keluarga besarnya, Dokter Ratih mengatakan gembira atas peristiwa ini.

Ia bangga karena mendapat support dari semua pihak, terutama keluarga.

 "Perasaan saya saat ini penuh dengan rasa syukur kepada Allah SWT. Rasa syukur dan terima kasih juga untuk orangtua, suami, kakak, adik dan saudara/saudari yang hadir di sini. Semua perjuangan dan pengorbanan  selama tiga tahun ini terbalaskan, terobati.  Semoga menjadi anak tangga  ke depannya," kata dokter kelahiran Kota Bogor, 12 Agustus ini. 

Kepada Pos Kupang yang menghubunginya usai kegiatan itu,  Dokter  Ratih mengatakan,  ia mengambil Spesialist Radiologi Kedokteran Gigi karena spesialisasi bidang ini masih jarang termasuk di NTT.

Karena itu setelah  bertugas di Puskesmas Penfui, Kupang, dan Rumah Sakit  Samuel Kristian (RS SK) Lerik, Kupang, ia mengambil  pendidikan spesialis ini.

Selain karena ilmu ini masih sangat dibutuhkan dan jumlah tenaga dokter spesialist yang masih terbatas, ia ingin menambah pengalaman.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved