Berita Ende

Hadir Kembali, MCS Kolaborasi Dengan Gereja Berikan Pelayanan Kesehatan Bagi Lansia

memberikan apresiasi terhadap kegiatan MCS BPJS Kesehatan karena memberikan kemudahan administrasi kepada Peserta.

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Rosalina Woso
HO-BPJS Kesehatan Ende
PETUGAS - Para petugas BPJS Kesehatan Ende sedang memberikan pelayanan kesehatan kepada lansia di Gereja St. Yosef Freinademetz Ende, Sabtu 30 Juli 2022.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, ENDE - Hadir kembali, layanan jemput bola BPJS Kesehatan melalui Mobile Customer Service (MCS) kembali turun menyapa masyarakat. Kali ini giliran Gereja Katolik St. Yosef Freinademetz berlokasi di jalan Gatot Subroto, Kelurahan Mautapaga, Kecamatan  Ende Timur, Kabupaten  Ende yang mendapatkan kunjungan, Sabtu, 30 Juli 2022.

Kegiatan MCS kali ini, BPJS Kesehatan berkolaborasi dengan Dewan Pastoral Paroki (DPP) Gereja Mautapaga, dimana dilakukan bertepatan dengan program rutin tahunan Gereja yaitu pelayanan kesehatan bagi lansia.

Para peserta kegiatan terlihat antusias mengikuti seluruh agenda mulai dari senam sehat, layanan MCS BPJS Kesehatan, sosialisasi kesehatan hingga pemeriksaan kesehatan.

Baca juga: Pertahankan Predikat WTM, Program JKN BPJS Kesehatan Capai 235,7 Juta Jiwa

Pius Kopong selaku ketua seksi kesehatan, menyatakan bahwa program bagi para lansia ini adalah program rutin yang masuk dalam agenda Gereja.

“Pelayanan bagi para lansia ini bukan hanya sebatas kuratif (pengobatan), tetapi lebih banyak kepada preventif dan promotif melalui penyuluhan dan pendidikan kesehatan bagi para lansia sehingga para lansia dapat mengenal dan melakukan pencegahan agar terhindar dari sakit” ungkap Pius sapaan akrabnya.

Pius juga memberikan apresiasi terhadap kegiatan MCS BPJS Kesehatan karena memberikan kemudahan administrasi kepada Peserta.

“Menurut saya, kegiatan seperti ini sangat bagus karena situasi sekarang terjadi mobilitas masyarakat begitu tinggi dan butuh update data, sehingga kegiatan ini adalah momentum BPJS Kesehatan untuk melakukan update data bagi masyarakat kami”, tambahnya.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Ende, Hendry Mario Sani Nggadas turut memberikan apresiasi kepada panitia Gereja yang sudah mengizinkan BPJS Kesehatan untuk bertemu dan melakukan MCS pada program Gereja.

Baca juga: BPJS Kesehatan Bebaskan Ariany Dari Biaya Operasi Kista Puluhan Juta

“Saya berterima kasih kepada panitia yang berkenan berkolaborasi dengan kami sehingga MCS bisa hadir menyapa masyarakat. Saya melihat masyarakat khususnya para lansia sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir. Banyak masyarakat mendatangi MCS kami untuk meminta informasi, perbaikan data dan melakukan registrasi aplikasi milik BPJS Kesehatan yaitu Mobile JKN”, jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya membantu masyarakat untuk melakukan registrasi aplikasi Mobile JKN karena banyak fitur yang bisa dimanfaatkan seperti kartu Indonesia sehat (KIS) berbasis digital, perubahan data, layanan pengaduan, dan memastikan keaktifan status peserta.

Bahkan masyarakat khususnya para lansia juga dapat melakukan skrining kesehatan secara mandiri melalui aplikasi Mobile JKN.

Dengan mengisi beberapa pertanyaan, para lasia dapat mengetahui tingkat potensi risiko penyakit kronis meliputi Diabetes Mellitus, Hipertensi, Ginjal Kronik dan Jantung Koroner, sehingga sedini mungkin dapat dicegah agar tidak terjadi penyakit.

Baca juga: BPJS Kesehatan Bebaskan Ariany Dari Biaya Operasi Kista Puluhan Juta

“Selain aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan juga menawarkan berbagai kanal layanan non tatap muka lainnya yang dapat diakses masyarakat, baik administrasi maupun pemberian informasi dan penanganan pengaduan, yaitu BPJS Kesehatan Care Center  165, CHIKA di nomor whatsapp/telegram 08118750400 (khusus pelayanan informasi dan pengaduan) dan Voice Interaktive JKN (VIKA) yaitu layanan informasi untuk mengecek status tagihan dan status kepesertaan dengan menghubungi Care Center 165,” tutup Sani diakhir wawancara. (*)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved