Unwira

KKNT-PPM Uniwira Kupang dan Dinas PMD NTT Mulai Perkuat Kapasitas BUMDes

Kegiatan tersebut dilaksanakan di sejumlah titik dalam wilayah Kabupaten Kupang yang merupakan titik lokasi KKNT-PPM mahasiswa UNWIRA

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/HO-GERALD TUKAN
BUMDES - Kegiatan Pelatihan Penguatan Kapasitas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang diadakan mahasiswa KKNT-PPM bekerjasama dengan Dinas PMD Provinsi NTT di Desa Tablolong, Sabtu 23 Juli 2022 

POS-KUPANG.COM, KUPANG- Universitas Katolik Widya Mandira atau Unwira Kupang, dalam masa kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik-Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat Desa ( KKNT-PPM ), semester genap Tahun Ajaran 2021/2022, bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD ) Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar kegiatan Pelatihan Penguatan Kapasitas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di sejumlah titik dalam wilayah Kabupaten Kupang yang merupakan titik lokasi KKNT-PPM mahasiswa Unwira Kupang di semester genap ini.

Safari ke sejumlah kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kupang itu diawali  di Desa Tablolong, Sabtu, 23 Juli 2022, yang dihadiri utusan dari Desa Tablolong dan Desa Oenaek, Kecamatan Kupang Barat.  

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan pelatihan, Kepala Desa Tablolong Zet Nggadas mengemukakan bahwa pelatihan yang dilakukan, diharapkan dapat menjadi energi baru bagi BUMDes di kedua desa untuk menghidupkan dan mengembangkan BUMDes bagi kemajuan desa.

“Selama ini kita di desa menjalankan dan mengelola BUMDes sesuai kemampuan pikiran kita, yang mungkin menjadi salah satu faktor penyebab BUMDes tidak jalan baik. Pelatihan yang kita ikuti ini menjadi gambaran bagi kita untuk membenah BUMDes. Kita berterima kasih kepada UNWIRa Kupang karena melakukan KKN di desa kita, Tablolong dan Oenaek, dan sekarang mereka bagi ilmu gratis untuk kita. Kita harus bersyukur," ungkap Zet penuh motivasi dihadapan peserta kegiatan.

Peserta kegiatan pelatihan dua hari ini diikuti peserta dari Desa Tablolong dan Desa Oenaek, Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang. Komponen masyarakat yang diundang mengikuti pelatihan tersebut adalah aparat desa, pengelola BUMDes, Pegiat UMKM, tikoh masyarakat dan perwakilan mahasiswa UNWIRA peserta KKNT-PPM dari kedua desa tersebut. Jumlah peserta yang menghadiri kegiatan hari pertama tersebut sebanyak 25 orang, dari target 30 peserta.

Tampil membawakan materi pelatihan pada hari pertama yaitu Erly Grizca Boelan, S.Si., M.Si., Dosen Kimia FKIP Unwira Kupang  yang membawakan materi Mekanisme Pembentukan BUMDes dan Pendaftaran Badan Hukum BUMDes secara Online.

Disusul oleh Paulus A.K.L. Ratumakin, S.Fil., M.Si, Dosen FISIP Unwira yang menyajikan materi dengan topik, Penyusunan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) BUMDes.  

Usai rehat Adrianus Ketmoen, S.E., M.M, Dosen Fakultas Ekonomi Unwira menyajikan materi dengan topik Penataan Administrasi dan Keuangan BUMDes. Waktu lebih banyak dialokasikan untuk diskusi. 

Pelatihan dilanjutkan, Minggu 24 Juli 2022, dengan materi lain yang lebih teknis.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved