Berita Labuan Bajo

Bahas Tiga Isu, Menkominfo Johnny G Plate Optimis DEWG Presidensi G20 di Kota Labuan Bajo Sukses

Labuan Bajo menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Pertemuan Ketiga Digital Economy Working Group Meeting (DEWG) Presidensi G20

Penulis: Gecio Viana | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/GECIO VIANA
DEWG G20 - Suasana konferensi pers usai pembukaan DEWG di Hotel Meruorah Labuan Bajo, Rabu 20 Juli 2022. Menkominfo Johnny G Plate oHohnptimis DEWG Presidensi G20 di Kota Labuan Bajo Berjalan Sukses 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Labuan Bajo menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Pertemuan Ketiga Digital Economy Working Group Meeting DEWG Presidensi G20 di Hotel Meruorah Kota Labuan Bajo, Rabu 20 Juli 2022.

Dalam kegiatan tersebut, tiga agenda atau isu prioritas dalam penyelenggaraan DEWG, yakni Post Covid-19 Recovery and Connectivity, Digital Skills and Digital Literacy, serta Cross-Border Data Flow and Data Free-Flow with Trust. 

Menkominfo Johnny Plate saat konferensi pers usai pembukaan kegiatan optimis penyelenggaraan iven tersebut berjalan sukses. 

"Saya optimis berjalan dengan baik sebagaimana dimulai hari ini. Saya turut menanti bagaimana para delegasi akan memperkaya diskusi-diskusi pertemuan kali ini dengan pandangan menarik," katanya. 

Menteri Johnny menjelaskan, pihaknya menyambut baik para delegasi yang hadir secara langsung dan virtual hingga selesainya kegiatan pada 22 Juli 2022.

"Kegiatan ini merupakan lanjutan pertemuan sebelumnya yang membahas peran konektivitas dalam pemulihan pasca pandemi Covid-19 sebagai isu prioritas pertama DEWG. Melalui diskusi-diskusi yang panjang, saat itu delegasi negara-negara anggota G20 telah mengutarakan keinginan untuk optimalkan konektivitas digital sebagai salah satu instrumen utama pemulihan dunia pasca pandemi Covid-19," jelasnya. 

Dalam isu kecakapan dan literasi digital, lanjut Menteri Johnny, DEWG bermaksud untuk mengingatkan bahwa tanggung jawab peningkatan kecakapan dan literasi digital adalah tanggung jawab global, seluruh dunia dan pemangku kepentingan terkait, baik pemerintah pelaku industri maupun entitas-entitas non pemerintah.

"Apalagi pemanfaatan teknologi digital kini dan masa depan semakin masif dan memerlukan kerja sama dan kerja bersama sama menyiapkan diri dan eksositem melalui peningkatan kecakapan dan literasi digital," katanya.

Menteri Johnny mengharapkan, Pertemuan DEWG memfasilitssi ruang bagi berbagai pandangan dari peserta untuk pembangunan ekosistem digital.

"Sejalan dengan pemenuhan, pertukaran data lintas batas negara akan semakin meningkat. Dunia tidak bisa hindari masa depan yang kian bertumpu pada pemanfaatan data oleh berbagai institusi baik pemerintah maupun sektor privat," katanya.

Suasana konferensi pers usai pembukaan DEWG di Hotel Meruorah Labuan Bajo, Rabu 20 Juli 2022.

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved