Mahasiswa Peserta KKNT-PPM Unwira Menyapa Desa Tonggo Kabupaten Nagekeo dengan Aman Calistung

KKNT-PPM Unwira di Desa Tonggo,Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo, menyapa desa itu dengan kegiatan awal yakni Aman Calistung.

Editor: Ferry Ndoen
Foto kiriman Nikolauswungubelen
AMAN CALISTUNG - Mahasiswa Peserta KKNT-PPM UNWIRA sapa Desa Tonggo Nagekeo Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo dengan Aman Calistung 

POS-KUPANG.COM - Mahasiswa Peserta KKNT-PPM Unwira Menyapa Desa Tonggo Nagekeo dengan Aman Calistung. Mahasiswa  Unwira peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik-Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKNT-PPM) yangberlangsung di Desa Tonggo , Kecamatan Nangaroro , Kabupaten Nagekeo, menyapa desa itu dengan kegiatan awal yakni Aman Calistung.

Kegiatan tesebut digelar pada Jumat tanggal 15 Juli 2022, setelah sehari sebelumnya, Kamis 14 Juli 2022, kelompok KKNT-PPM beranggotakan 16 orang ini tiba di Desa Tonggo

Kedatangan mahasiswa peserta KKNT-PPM dari UNWIRA Kupang di desa Tonggo, Kamis 14 Juli 2022 pkl 14.00 WITA, disambut oleh Kepala Desa Tonggo, Klaudius Moi, perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat desa Tonggo dan aparat desa lainnya. Dalam sambutannya, Kepala Desa Tonggo, Klaudius berterima kasih kepada UNWIRA Kupang dan rombongan mahasiswa peserta KKNT-PPM yang telah memilih desa Tonggo sebagai tempat melaksanakan KKN.

“Kami, pemerintah dan warga Desa Tonggo  berterima kasih kepada kampus Universitas Katolik Widya Mandira Kupang serta adik-adik mahasiswa mahasiswi yang telah memilih desa Tonggo sebagai desa KKN. Ini sangat berarti bagi kami. Program kerja satu bulan ke depan disesuaikan dengan focus program adik-adik dan disandingkan dengan program desa. Besar harapan  semoga kekurangan yang ada di desa ini bisa teratasi berkat kehadiran adik-adik”. Demikian kepala Desa, Klaudius, sambil mengharapkan agar para mahasiswa dapat beradaptasi dengan lingkungan desa Tonggo dan terlibat membangun desa Tonggo selama masa KKNT-PPM. 

Baca juga: Pengenalan Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Kupang Periode 2021-2022 dengan Warga Kelurahan Oenesu Kupang

Usai acara penerimaan, dilanjutkan dengan penempatan penginapan mahasiswa ke rumah-rumah penduduk  Tampak orangtua pengampu pun telah menanti untuk menerima mahasiswa yang menginap di rumahnya selama satu bulan pelaksanaan KKNT-PPM. Suasanna langsung akrab karena para mahasiswa dapat cepat berbaur dengan warga yang menyambut kedatangan mahasiswa. 

Pada hari berikutnya, Jumad 15 Juli 2022, kelompok KKNT-PPM melaksanakan kegiatan pertama yaitu Aman Calistung (Adikku Mantap Baca Tulis Hitung). Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Desa Tonggo, Klaudius, di kantor Desa Tonggo.  Kepala Desa bersama  mahasiswa peserta KKNT-PPM kemudian menuju SDK Tonggo untuk menjumpai pihak sekolah dan menyampaikan rencana kegiatan serta mendata jumlah murid  kelas 1 sampai 3 yang menjadi sasaran kegiatan Aman Calistung.

Kepala SDK Tonggo, Maria Tolentina Mbindi,S.Pd menyambut baik kehadiran peserta KKNT-PPM bersama Kepala Desa Tonggo, dan mempersilahkan para mahasiswa menyapa para murid di kelas, terutama murid kelas 1, 2 dan kelas 3. Kegiatan yang dilakukan yaitu mengajak anak-anak melafalkan huruf serta membaca kata-kata pendek.

Untuk menghidupkan suasana kelas dan  membangkitkan keberanian serta keterlibatan aktif murid-murid maka diselingin dengan menyanyi bersama lagu anak-anak. Para murid pun diajak untuk mengikuti kegiatan bimbingan belajar sore hari yang akan dilakukan di kantor desa. 

Usai melaksanakan kegiatan di kelas, peserta KKNT-PPM Unwira berpamitan dengan Kepala Sekolah dan para guru. Kepala Sekolah,  Tolentina meminta agar ada murid kelas 5 dan 6 yang masih kesulitan membaca, perlu diajak dan dibantu juga melalui kegiatan yang ditawarkan. Peserta KKNT-PPM pun menerima permintaan Kepala Sekolah. 

Baca juga: Kegiatan Aman Calistung Oleh Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Direspon Anak-anak SD Inpres Sulamu

Kegiatan belajar membaca dan menulis dasar, dilanjutkan pelaksanaannya pada sore hari di kantor desa. Anak-anak berdatangan dengan mengenakan pakaian bebas rapih, serta mengikuti kegiatan belajar bersama dalam suasana akrab.   Kegiatan Aman Calistung ini menjadi satu agenda wajib yag dilaksanakan oleh mahasiswa mahasiswi UNWIRA Kupang peserta KKNT-PPM, semester genap tahun ajaran 2021/202

2, sebagai bentuk upaya membantu mengatasi masalah pendidikan dasar yang dialami anak-anak akibat Pandemi COVID-19. (*)

Press release: Vinsensia Katarina Nogo Blikon (Peserta KKNT-PPM UNWIRA di desa Tonggo Kec. Nangaroro Kabupaten Nagekeo)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

kkn unwira ditonggo
AMAN CALISTUNG - Mahasiswa Peserta KKNT-PPM UNWIRA sapa Desa Tonggo Nagekeo Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo dengan Aman Calistung
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved