Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Minggu 19 Juni 2022: Roti Hidup untuk Keselamatan Yang Kekal

Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus menjadi momentum istimewa untuk merefleksikan tindakan komunikasi Yesus yang memberikan diri secara total

Editor: Agustinus Sape
FOTO PRIBADI
RD. Dr. Florens Maxi Un Bria 

Renungan Harian Katolik, Minggu 19 Juni 2022: Roti Hidup untuk Keselamatan Yang Kekal (Lukas 9 : 11b-17)

Oleh: RD. Dr. Maxi Un Bria

POS-KUPANG.COM - Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus menjadi momentum istimewa untuk merefleksikan tindakan komunikasi Yesus yang memberikan diri secara total bagi para murid.

Ada tiga tindakan komunikatif yang diperagakan Yesus dalam pristiwa pergandaan roti.

Pertama, Ia mengambil lima buah roti dan dua ekor ikan yang tersedia.

Kedua, Yesus menengadah untuk mengucapkan syukur dan berkat.

Ketiga, membagi-bagikan roti itu dan memberikannya kepada para murid supaya dibagi-bagikan kepada orang banyak.

Pristiwa pergandaan roti menghadirkan kembali kesadaran kita tentang Yesus sebagai Roti hidup yang tidak dapat binasa, melainkan memberikan kepuasan dan keselamatan untuk hidup yang kekal.

Yesus memperkenalkan diri sebagai Roti hidup sebagai jaminan hidup kekal.

“Akulah Roti hidup, barangsiapa datang kepada-Ku, Ia tidak akan lapar lagi, barangsiapa percaya kepada-Ku Ia tidak akan haus lagi “ (Yohanes 6 :35).

Roti hidup terarah kepada Pribadi Yesus yang memberikan jaminan kepuasan dan keselamatan bagi seluruh hidup baik jasmani maupun jiwa.

Yesus mengucapkan syukur dan berkat untuk menegaskan bahwa doa dan ucapan syukur dapat menghadirkan mukjizat bagi hidup manusia. Syukur dan berkat menjadi kekuatan spiritual yang mempererat persatuan manusia dengan Allah.

Dengan tindakan syukur dan berkat, selanjutnya Yesus memecahkan roti dan membagi-bagikannya kepada semua orang yang datang kepada-Nya. Yesus mengorbankan diri dan memberikan diri-Nya seutuhnya untuk keselamatan umat manusia.

Perayaan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus juga menjadi momentum istimewa dalam gereja untuk memberikan Komuni Kudus yang pertama bagi anak-anak yang telah mempersiapkan dirinya.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved