Reshuffle Kabinet

Kritisi Reshuffle Kabinet, Sekjen PKS Sebut Seperti Bagi-bagi Kue

Kritisi Reshuffle Kabinet, Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi menyebut rakyat bisa melihat perombakan kabinet seperti bagi-bagi kue jelang Pilpres 2024

Editor: Adiana Ahmad
pks.id
Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi - Kritisi Reshuffle Kabinet, Sekjen PKS Sebut Seperti Bagi-bagi Kue 

Kritisi Reshuffle Kabinet, Sekjen PKS Sebut Seperti Bagi-bagi Kue

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang dilakukan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) Rabu 15 Juni 2022 kemarin mendapat sorotan dari Sekjen DPP PKS Aboe Bakar Alhabsyi. 

Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan, Reshuffle Kabinet  yang dilakukan  Presiden jokowi ibarat bagi-bagi kue. 

Namun disis lain, pria yang akrab disapa Habib Aboe itu menyebut Reshuffle Kabinet bisa diliha sebagai upaya Presiden Jokowi untuk melakukan recovery ekonomi yang lebih kencang lagi.

Hal itu ditandai dengan adanya pergantian menteri perdagangan, sedangkan pergantian Menteri ATR/ BPN kemungkinan untuk mempercepat masuknya investasi ke Indonesia.

Baca juga: Jelang Reshuffle Kabinet,Ini Nama Menteri Diganti: Erick Thohir Ganti Luhut,Hadi Tjahjanto Jadi KSP 

"Publik bisa saja melihat reshuffle ini seperti bagi-bagi kue, buat mereka yang sudah berkeringat, namun selama ini belum mendapatkan porsi. Hal ini terlihat, ada beberpa pimpinan partai yang mendapatkan jabatan," kata Habib Aboe dalam keterangan yang diterima Kamis (16/6/2022).

Anggota Komisi III DPR RI itu menambahkan, publik juga bisa melihat perombakan kabinet tersebut ada proses suksesi yang sedang disiapkan Presiden Jokowi.

"Bisa jadi partai-partai yang saat ini mendapatkan porsi (masuk dalam kabinet), akan masuk dalam koalisi yang mengusung capres penerus Jokowi," ucapnya.

Kendati demikian, PKS berharap reshuffle dapat meningkatkan kinerja Kabinet Indonesia Maju.

Hal itu bertujuan agar sisa masa jabatan pemerintahan saat ini bisa digunakan secara optimal memulihkan perekonomian nasional.

Baca juga: Isu Reshuffle Kabinet Menguat, Ini Daftar Tokoh yang Dipanggil Istana dan Nama Menteri yang Diganti

"Sebagai partai oposisi tentunya kita berharap pemerintahan fokus untuk pemulihan ekonomi. Oleh karenanya resuffle seharusnya digunakan untuk menaikkan performa kinerja kabinet," tandasnya.
Adapun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik calon menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (15/6/2022).

Para menteri dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 64P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Menteri yang dilantik yakni : 

1. Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan 

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved