Lidah Buaya

Lidah Buaya Bisa Jadi Alternatif Obat Kumur, Manfaat Lainnya Tak Hanya Untuk Manusia

gel lidah buaya sama efektifnya dengan obat kumur yang dijual di pasaran. Hal ini karena lidah buaya mengandung antrakuinon

Editor: Hermina Pello
FREEPIK.COM via GRID.ID
Lidah Buaya Bisa Jadi Alternatif Obat Kumur, Manfaat Lainnya Tak Hanya Untuk Manusia 

POS-KUPANG.COM - Kamu tentu tidak asing dengan tanaman yang dikenall dengan sebutan aloe vera ini. Aloe vera atau lidah buaya sudah dikenal luas sebagai tanaman hias dengan sejuta manfaat.

Bahkan tanaman ini sengaja ditanam di dalam rumah untuk menangkal racun dan memurnikan udara.

Tak hanya berfungsi sebagai tanaman hias, ternyata masih banyak manfaat lain dari lidah buaya. Fungsinya cukup beragam, baik untuk perkebunan hingga kesehatan.

Melansir dari Simplify Gardening, Jumat 15 april 2022, punya tanaman lidah buaya di rumah? Jangan sia-siakan manfaatnya. Berikut ini adalah manfaat tanaman lidah buaya yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Tak Hanya Bermanfaat, Kenali 10 Dampak Pemakaian Lidah Buaya Bagi Tubuh Termasuk Bikin Gagal Ginjal

Menjaga hasil kebun tetap segar

Pada tahun 2014, Universitas Cambridge memiliki publikasi analisis online mengenai buah tomat yang dilapisi oleh gel lidah buaya.

Penelitian ini menunjukkan bahwa lapisan gel berhasil melindungi buah tomat dari bakteri berbahaya.

Temuan dari peneliti lain pada buah apel juga menggambarkan hasil yang sama. Karena itu gel lidah buaya bisa digunakan sebagai pengganti bahan kimia untuk memperpanjang umur simpan produk panen.

Baca juga: Tak Perlu Mahal, Pakai Skincare Lidah Buaya Beku Sebelum Tidur, Wajah Jadi Kinclong

Alternatif obat kumur

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014 di Ethiopian Journal of Health Sciences melaporkan bahwa ekstrak lidah buaya dapat digunakan sebagai alternatif obat kumur.

Menurut peneliti, gel lidah buaya sama efektifnya dengan obat kumur yang dijual di pasaran. Hal ini karena lidah buaya mengandung antrakuinon, kandungan ini membantu melawan plak. Bahan alami pada lidah buaya juga dapat meredakan gusi yang bengkak.

Pereda sakit maag

Baca juga: Konsumsi Buah Jambu Biji Merah Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi, 4 Manfaat Lainnya

Penyakit refluks gastroesofageal, GERD, adalah gangguan pencernaan yang sering menyebabkan mulas.Sebuah review tahun 2010 menunjukkan jika konsumsi lidah buaya sebanyak 1 hingga 3 ons dapat meredakan GERD.

Selain itu gel lidah buaya juga dipercaya dapat meredakan masalah pencernaan lainnya. Tanaman lidah buaya memiliki jumlah racun yang rendah sehingga aman dan lembut untuk pencernaan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved