Lebaran 2022

Arus Balik Lebaran, Jokowi Sarankan Masyarakat Lakukan Perjalanan Setelah Tanggal 6-8 Mei

Presiden Joko Widodo menyarankan masyarakat menempuh perjalanan kembali dari kampung halaman setelah puncak arus balik pada 6-8 Mei 2022.

Editor: Agustinus Sape
Instagram/Jokowi
Di hari pertama Idulfitri 1443 Hijriah, Presiden Jokowi menerima Prabowo Subianto yang datang bersama Didit Hediprasetyo, di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin 2 Mei 2022. 

Arus Balik Lebaran, Jokowi Sarankan Masyarakat Lakukan Perjalanan Setelah Tanggal 6-8 Mei

POS-KUPANG.COM - Presiden Joko Widodo menyarankan masyarakat menempuh perjalanan kembali dari kampung halaman setelah puncak arus balik pada 6-8 Mei 2022.

Jokowi mengatakan, hal itu dilakukan untuk menghindari kepadatan volume kendaraan di jalur yang digunakan.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kami semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak Bapak, Ibu, saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal," ujar Jokowi, lewat keterangan video yang diunggah YouTube Sekretariat Presiden, pada Selasa 3 Mei 2022.

"Atau kembali setelah puncak arus balik. Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," tambah dia.

Lebih lanjut, presiden menekankan, pemerintah selalu berupaya melakukan yang terbaik untuk masyarakat. Termasuk, mengatur perjalanan arus balik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

"Kebijakan ganjil-genap, aturan satu arah atau one way dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan. Semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman," tambah Kepala Negara.

Sebelumnya, Jokowi menyinggung soal potensi kemacetan di jalan tol, jalan raya nasional hingga kawasan Merak-Bakauheni saat puncak arus balik.

Hal itu disampaikannya pada Senin 2 Mei 2022 usai memantau pelaksanaan arus mudik di Tanah Air.

"Setidaknya 85,5 juta masyarakat, 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini. Jumlah yang betul-betul banyak sekali sehingga saya mengimbau untuk kembalinya agar juga ada yang lebih awal," ujar Jokowi, dilansir dari siaran pers Sekretariat Presiden.

"Jangan semuanya nanti kembali arus baliknya semuanya di hari Sabtu dan hari Minggu. Pasti akan terjadi titik-titik kemacetan, terutama di tol, di jalan nasional, maupun di Merak-Bakauheni," kata dia.

Mengenai dermaga di pelabuhan penyeberangan Merak dan Bakauheni, menurut Jokowi, perlu ditambah.

Hal itu disampaikannya merujuk kondisi di kedua pelabuhan yang kapasitasnya tak sebanding dengan volume kendaraan.

"Alhamdulillah, perayaan Idul Fitri tahun ini berjalan dengan baik. Arus mudik juga lancar meski masih ada antrean seperti di Pelabuhan Merak dan Bakauheni," ujar Jokowi melalui akun Twitter resminya @jokowi, Selasa 3 Mei 2022.

"Meski kapal sudah ditambah, volume kendaraan memang tidak sebanding dengan kapasitas dermaga. Dermaganya perlu ditambah," tegasnya.

Sumber: Kompas.com

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved