Ramadan 2022

Hari Ini Jumat Terakhir Ramadhan, Ini Contoh Naskah Khutbah Sholat Jumat yang Pas

Hari Ini Jumat Terakhir Ramadhan, Ini Contoh Naskah Khutbah Sholat Jumat yang Pas

Editor: Adiana Ahmad
istimewa
Sholat Jumat di masa Pandemi - Hari Ini Jumat Terakhir Ramadhan, Ini Contoh Naskah Khutbah Sholat Jumat yang Pas 

Hari Ini Jumat Terakhir Ramadhan, Ini Contoh Naskah Khutbah Sholat Jumat yang Pas

POS-KUPANG.COM - Ramadhan segera berlalu. Hari ini menjadi Jumat terakhir Ramadhan 1443 H.

Ini contoh Naskah Khutbah Sholat Jumat yang pas.

Naskah Khutbah Jumat ini bisa disampaikan pada Sholat Jumat hari ini 29 April 2022.

Dikutip dari laman NU Jatim, Contoh Naskah Sholat Jumat hari terakhir Ramadhan 1443 H, mengupas tentang Keistimewaan Bulan Ramadhan terutama di 10 hari terakhir. 

Baca juga: BACAAN Niat Sholat Idul Fitri 1443 Hijriah Bahasa Arab-Latin & 11 Tahapan Pelaksanaan Shalat Ied

Berikut Contoh Naskah Khutbah Jumat akhir Ramadhan:

Khutbah Pertama

بسم الله الرحمن الرحيم اَلْحَمْدُ للهْ، اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، الَّذِيْ أَكْمَلَ لَنَا الدِّيْنَ، وَأَتَمَّ لَنَا النِّعْمَةَ وَرَضِيَ لَنَا الْإِسْلَامَ دِيْنًا. تَفَضَّلَ عَلَيْنَا بِمَنِّهِ وَكَرَمِهِ وَلُطْفِهِ، أُسَبِّحُ لَهُ سُبْحَانَهُ، رَبُّنَا وَرَبُّكُمْ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ وَكِيْلٌ، يُعِزُّ بَعْضَنَا وَيُذِلُّ بَعْضَنَا، إِلَهٌ كَرِيْمٌ وَاحِدٌ، جَلِيْلٌ مُنَزَّهٌ عَنِ الشَّبِيْهِ وَالشَّرِيْكِ وَالْمُمَاثِلِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةً تُنْجِيْ قَائِلَهَا يَوْمَ لَا يَنْفَعُ لَهُ مَالٌ وَلاَ بَنُوْنٌ إِلَّا مَنْ أَتَى اللهَ بِقَلْبٍ سَلِيْمٍ. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا وَشَفِيْعَنَا وَقُدْوَتَنَا مُحَمَّدًا ﷺ عَبْدُ اللهِ وَرَسُوْلُهُ الصَّادِقُ الْوَعْدِ الْأَمِيْنُ. صَلِّ اللَّهُمَّ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَاعْفُ عَنَّا مَعَهُمْ بِعَفْوِكَ وَكَرَمِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. أما بعد فَيَا اَيُّهَا النَّاسُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَاِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ قَالَ اللهُ تَعَالَى فِىْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ

Jamaah yang Dirahmati Allah

Berkat tempaan tiga pekan selama Ramadhan, kita memiliki semangat untuk terus beribadah dan meningkatkan takwallah. Yakni kian mempunyai tekad untuk terus melaksanakan perintah dan menjauhi yang dilarang. Semoga dengan sisa sepekan ini, takwallah tersebut akan terus mengalami peningkatan, amin ya rabbal alamin.

Baca juga: Fadhilah Shalat Tarawih Malam ke 27 & 3 Malam Terakhir di Bulan Ramadan juga Bacaan Niat Sholat

Hadirin yang Berbahagia

Kita sekarang sudah memasuki bagian-bagian akhir pada bulan Ramadhan. Kita perlu mengoreksi diri sendiri sebagai bahan evaluasi. Mulai awal Ramadhan kemarin sampai hari ini: apakah kualitas dan kuantitas ibadah sudah sesuai yang diharapkan? Apabila sudah, mari jaga sekuat tenaga hingga akhir Ramadhan. Jika belum sesuai dengan harapan, mari tingkatkan dengan sebaik-baiknya. Karena setiap amal tergantung dengan endingnya.

Seperti orang yang sedang membangun rumah, fisiknya sudah 70 persen. Bagaimana yang 30 persen sisanya? Ini sangat menentukan. Kalau finishingnya bagus, akan jadi rumah yang indah, tapi jika sentuhan akhirnya dikerjakan secara asal-asalan, tentu rumah yang dibangun dengan permulaan susah payah, hanya akan mendapatkan nilai buruk hanya masalah 30 persen yang akhir adalah buruk.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan pada pekan terakhir bulan Ramadhan ini. Di antaranya bahwa Allah menciptakan umat Muhammad penuh dengan keistimewaan. Sebagian keistimewaannya adalah Allah menciptakan umat Muhammad sebagai umat yang lahir di muka bumi ini pada bagian paling akhir. Mengapa? Karena apabila ada umat Muhammad yang menjadi seorang pendosa, seumpama ia mati, di kuburan disiksa tidak terlalu lama lagi kiamat akan datang, ia akan dientaskan dari siksaan kubur. Jika dalam keadaan membawa iman, ia akan berpeluang besar mendapatkan syafaat Rasulullah SAW.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved