Ramadan 2022

Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar yang Dicontohkan Rasulullah Lengkap Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Ada juga ulama yang menyebut bahwa malam Lailatul Qadar jatuh pada tanggal-tanggal ganjil yaitu malam 21 Ramadan, malam 23 Ramadan, malam 25 Ramadan.

Editor: Yeni Rahmawati
TRIBUN-MEDAN.COM
Bacaan doa di malam Lailatul Qadar 

POS-KUPANG.COM - Ustadz Abdul Somad dalam ceramahnya menyampaikan sebagian ulama berpendapat bahwa malam Lailatul Qadar itu jatuh di antara 10 hari terakhir Bulan Ramadan.

video yang diunggah pada akun YouTube Ceramah Ust yang tayang 6 Mei 2021, dikatakan Ustadz Abdul Somad, ada juga ulama yang menyebut bahwa malam Lailatul Qadar jatuh pada tanggal-tanggal ganjil yaitu malam 21 Ramadan, malam 23 Ramadan, malam 25 Ramadan, malam 27 Ramadan dan malam 29 Ramadan.

Adapun dalil yang menjadi landasan pendapat tersebut adalah hadist, salah satunya:

Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari sahabat 'Aisyah Radhiyallahu 'Anha bahwasannya "dahulu Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam apabila telah masuk 10 terakhir beliau mengencangkan ikat pinggangnya, menghidupkan malam-malamnya dan membangunkan keluarganya." (HR. Bukhari dan Muslim).

Lantas apa keutamaan malam Lailatul Qadar?

Baca juga: Amalan yang Bisa Dilakukan Wanita Haid atau Nifas untuk Mendapat Malam Lailatul Qadar

Disebutkan dalam Firman Allah SWT Surat Al Qadr, bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan.

Dilansir dari Surya.co.id, keutamaan lainnya adalah tersapat ampunan dosa bagi orang yang melaksanakan Sholat malam di malam Lailatul Qadar.

Rasulullah bersabda (HR. Imam Bukhari):

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharapkan pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lampau.” 

Baca juga: Wanita Haid Juga Bisa Dapatkan Lailatul Qadar, Lakukan 3 Amalan Ini  : Salah Satunya Berzikir

Halaman
123
Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved