Ramadan 2022

Lafal Doa Kamilin Arab & Latin, Buya Yahya Jelaskan Hukum Membaca Doa Kamilin Usai Shalat Tarawih

Kita di sunnahkan memperbanyak ibadah di malam hari seperi Shalat Tarawih. Untuk menambah amalan kita tentunya setelah Shalat dan membaca doa kamilin.

Editor: Yeni Rahmawati
Bersama Dakwah
Bacaan doa Kamilin usai shalat tarawih 

POS-KUPANG.COM - Agar Shalat Tarawih kita sempurna tentunya kita harus menyetahui tata cara dan niat shalat yang hanya ada di malam Ramadhan ini.

Penceramah Buya Yahya menjelaskan tata cara Shalat Tarawih.

Terdapat perbedaan jumlah rakaat shalat tarawih yang dilakukan di mesjid-mesjid atau pun mushalla.

Ada yang 11 rakaat, 23 rakaat, hingga 36 rakaat termasuk shalat witir. Perbedaan jumlah rakaat tersebut sudah lumrah terjadi setiap tahun.

Buya Yahya menjelaskan telah disebutkan di kitab fikih Mazhab Syafii bahkan tiga mazhab lainnya sepakat bahwa rakaat shalat tarawih 20 rakaat.

Baca juga: Bacaan Niat Puasa & Doa Berbuka Puasa Ramadan Juga 5 Rukun Puasa

"Imam Syafii, Imam Maliki, Imam Hambali, dan Imam Hanafi, empat mazhab sepakat shalat tarawih adalah 20 rakaat. Kemudian cara melakukannya adalah dua rakaat salam dua rakaat salam," jelas Buya Yahya dilansir Banjarmasinpost.co.id dari kanal youtube Al-Bahjah TV.

Meski demikian, ada yang melakukan salam setiap empat rakaat. Buya Yahya sebut hal itu dilakukan karena menukil hadist Siti Aisyah istri Rasulullah SAW.

Dilansir dari BanjarmasinPost.co.id, hal tersebut boleh dilakukan, dan berdasarkan hadist ‘Aisyah yang menjelaskan tata cara shalat malam Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

يُصَلِّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ، ثُمَّ يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ

Artinya: "Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan shalat 4 raka’at, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang raka’atnya. Kemudian beliau melaksanakan shalat 4 raka’at lagi, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang raka’atnya." (HR. Bukhari no. 3569 dan Muslim no. 738)

Baca juga: Mendekati 10 Hari Terakhir Ramadan Perbanyak Amalan Sunnah, Ini Niat Shalat Tahajud

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved