Ramadan 2022

Inilah Amalan Menyambut Datangnya Malam Lailatul Qadar Pada Bulan Ramadan

Ada satu malam yang didambakan seluruh umat Islam di dunia saat bulan suci, yakni malam Lailatul Qadar yang sangat istimewa dibandingkan malam lainnya

Editor: Yeni Rahmawati
TRIBUN-TIMUR.COM
Ustadz Adi Hidayat jelaskan amalan yang bisa kerjakan saat malam Lailatul Qadar 

POS-KUPANG.COM - Ada satu malam yang didambakan seluruh umat Islam di dunia saat bulan suci, yakni malam Lailatul Qadar.

Malam ini sangat istimewa dibandingkan malam-malam lainnya.

Apa saja amalan menyambut datangnya malam Lailatul Qadar?

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bulan Ramadhan senantiasa memberikan kesan istimewa tak hanya melekat pada ragam amalannya, namun juga pada pembagian setiap waktu siang, sore, malam, subuh, bahkan setiap detiknya memiliki keistimewaan yang berbeda dengan bulan lainnya.

"Di waktu malam diisi dengan paket ibadah khusus, yang dikenal dengan tarawih tercatat dalam rangkaian hadist Nabi Muhammad SAW, di antaranya menginformasikan satu rahasia besar yang dikonfirmasi Aisyah RA," jelas Ustadz Adi Hidayat dilansir  Banjarmasinpost.co.id dari kanal youtube Adi Hidayat Official.

Baca juga: Apa Itu Malam Lailatul Qadar? Simak Tanda-tanda & Doa Spesial di Malam Lailatul Qadar pada Ramadan

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi, Aisyah RA bertanya kepada Rasulullah SAW tentang bacaan doa yang bisa dipanjatkan saat bertemu dengan malam Lailatul Qadar.

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

"Wahai Rasulullah, bagaimana bila aku mengetahui malam Lailatu Qadar, apa yang harus aku ucapkan?"

Beliau (Rasulullah SAW) menjawab, "Ucapkanlah:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Baca juga: Raih Malam yang Lebih Baik dari 1000 Bulan, Dianjurkan Baca Doa Ini Pada Malam Lailatul Qadar

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwan fa'fu 'anni

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau menyukai maaf, maka maafkan aku."

Dilansir dari BanjarmasinPost.co.id, di dalam rangkaian hadist itu, dijabarkan Ustadz Adi Hidayat menunjukkan dua hal penting.

Yang pertama memberikan kesan ibadah di malam hari yang dilekatkan dengan pencarian malam Lailatul Qadar. Ibadah qiyam ramadhan yakni tarawih adalah ibadah potensial yang memberikan satu petunjuk yang boleh jadi mengantarkan umat muslim meraih malam Al-Qadar atau malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved