Breaking News:

Unwira Kupang

Prodi Akuntansi Unwira Kupang Dalami Pembelajaran Akuntansi Dalam Konteks Budaya Lokal

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi (Prodi) Akuntansi Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang mendalami pembelajaran Akunta

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG/BERTO KALU
Para peserta saat mengikuti Seminar Nasional di ruang conference Kampus Merdeka Unwira. Senin 21 Maret 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi (Prodi) Akuntansi Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang mendalami pembelajaran Akuntansi dalam Konteks budaya lokal.

Hal tersebut diwujudkan dengan digelarnya Seminar Nasional bertajuk 'Integrasi Budaya Lokal dan Penelitian Akuntansi' yang dilaksanakan di Kampus Merdeka Unwira, Senin 21 Maret 2022.

Ketua Pelaksana, Susana Purnamasari Baso, SE, M.Ak mengatakan, tema umum seminar ini untuk mendukung tema Unwira dalam penerapan budaya lokal.

Selain itu, lanjut Susana, tema khususnya prodi ingin memperkenalkan kepada mahasiswa dan masyarakat bahwa Akuntansi itu dapat dikawinkan dengan budaya lokal.

"Untuk itu dengan seminar ini kami dosen, mahasiswa, dan seluruh peserta sama-sama belajar dan mendalami, " ungkap Ibu yang juga Dosen Akuntansi itu.

Baca juga: Jelang Usia Pancawindu Unwira Kupang Cetak 20.000-an Alumni 

Menurutnya, selama ini dalam pemikiran mahasiswa dan masyarakat awam Akuntansi adalah bagaimana orang mengurus uang, debit, kredit, dan sebagainya.

Sebab itu, pihaknya mau membuka wawasan mahasiswa serta masyarakat bahwa Akuntansi dapat masuk lebih jauh ke dalam budaya lokal apalagi menurutnya NTT memiliki budaya lokal yang sangat beragam.

Hadir sebagai pembicara pada seminar kali ini pembicara dari Universitas Sebelas Maret, Prof. Drs. Djoko Suhardjanto, M.Com, PhD, Aktif, CA, ada juga perwakilan dari Universitas Brawijaya Dr. Lilik Purwanti, Msi., CSRS., CSRA., Ak., CA, serta Dr. Yolinda Yanti Sonbay, SE., M.Sc dari Unwira Kupang.

Menurut Susana, ketiga pembicara ini merupakan orang yang sudah melakukan penelitian sebelumnya, sehingga diharapkan dapat menambah wawasan bagi para peserta bahwa ternyata Akuntansi dapat dikaitkan dengan budaya lokal.

"Mereka akan sharing bagaimana penelitian Akuntansi tidak hanya dilakukan dalam dunia bisnis, perusahaan, atau UMKM tetapi lebih spesifik diajarkan bagaimana penelitian Akuntansi dilakukan pada masyarakat dan budaya lokal, " kata dia.

"Kemudian nantinya peserta diminta untuk memilih topik penelitian yang bervariatif untuk menerapkan ilmu yang sudah didapat selama mengikuti seminar ini, " lanjut dia.

Diharapkan seminar nasional dapat membuka wawasan para peserta, kata Susana, terkhusus mahasiswa prodi Akuntansi Unwira dalam menulis tugas akhir.

"Selama ini kita masih terpola dengan gaya lama seperti judul tugas akhir yang itu-itu saja, diharapkan dengan kegiatan ini mahasiswa lebih kreatif, " pungkasnya.

Kegiatan seminar nasional merupakan salah satu rangkaian acara untuk menyambut Pancawindu Unwira pada bulan September nanti.

Kegiatan ini menurutnya, terbuka untuk seluruh masyarakat umum yang mau belajar dan mengenal Akuntansi dalam budaya lokal

Seminar kali ini diikuti oleh 689 peserta dari seluruh Indonesia baik dari kalangan dosen, guru, mahasiswa, serta masyarakat umum yang dilakukan secara daring melalui zoom, serta luring yang diikuti oleh beberapa dosen dan mahasiswa Prodi Akuntansi Unwira. (cr13)

Para peserta saat mengikuti Seminar Nasional di ruang conference Kampus Merdeka Unwira. Senin 21 Maret 2022.
Para peserta saat mengikuti Seminar Nasional di ruang conference Kampus Merdeka Unwira. Senin 21 Maret 2022. (POS-KUPANG/BERTO KALU)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved