Berita Kupang Hari Ini

  Kualitas Air Bagi Masyarakat Kota Kupang Agar Diperhatikan

etua Komisi II, Diana Bire, meminta Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Kota Kupang untuk memperhatikan kualitas air bersih yang diberikan

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/MARIO GIOVANI TETI
Bendung kali Dendeng 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Ketua Komisi II, Diana Bire, meminta Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Kota Kupang untuk memperhatikan kualitas air bersih yang dialirkan kepada masyarakat.

"Contohnya di Kelurahan Fontein, air yang diterima masyarakat berwarna coklat dan akhirnya tidak digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan dapur, tetapi hanya digunakan untuk menyiram tanaman saja," katanya kepada wartawan , Kamis 17 Maret 2022.

Ia meminta agar Perumda Air Minum Kota Kupang tidak hanya berfokus pada jaringan saja, tetapi harus fokus juga pada kualitas pelayanan. Hasil rapat dengan Perumda Air Minum, dijanjikan  setelah selesai melakukan pembangunan Instalasi Air Minum Kali Dendeng, maka kualiras air akan lebih baik.

Dia meminta agar kualitas air menjadi prioritas, karena banyak pengeluhan warga terhadap kualitas air yang berwarna dan tidak bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Politikus Partai Hanura ini, meminta agar 1.000 Sambungan Rumah (SR) yang akan dibangun harus menyasar juga warga sekitar Kali Dendeng itu.

Baca juga: Liga 1: Persib Bandung Ambisius Jaga Asa Juara Liga 1 2021, Pastikan Tiket Kompetisi Level Asia

Diana menyebut Kelurahan Fontein, Mantasi dan lainnya harus menjadi prioritas karena kelurahan itu tuan rumah Kali Dendeng, maka harus diprioritaskan.

"Banyak warga di kelurahan-kelurahan tersebut yang belum mendapatkan pelayanan air bersih karena belum mendapatkan sambungan rumah," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum Kota Kupang, Jhoni Ottemusu, mengatakan, kotornya air di wilayah sekitar pembangunan SPAM Kali Dendeng, dipengaruhi oleh pembangunan yang ada.

"Jadi karena adanya pembangunan maka kualitas air juga kotor, ditambah lagi dengan adanya longsor dan banjir di wilayah tersebut, sehingga kualitas air menjadi kotor," katanya.

Baca juga: Inilah Data Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kota Kupang Berdasarkan KTP

Menurut Ottemusu, kualitas air akan kembali bersih ketika pembangunan itu selesai.  Untuk memprioritaskan kelurahan-kelurahan yang berada di sekitar lokasi pembangunan SPAM Kali Dendeng, tentu menjadi prioritas, tetapi tetap dibangun sambungan rumah secara keseluruhan.

Ottemusu menambahkan, untuk kelurahan yang mendapatkan bantuan sambungan rumah gratis dari balai, tersebar di kelurahan pinggiran, Kelurahan Mantasi, Fontein, Penkase Oeleta dan lainnya. (*)

Direktur Perumda Air Minun Kota Kupang, Jhoni Ottemusu bersama tim dari Pelindo saat meninjau SPAM Kalo Dendeng.
Direktur Perumda Air Minun Kota Kupang, Jhoni Ottemusu bersama tim dari Pelindo saat meninjau SPAM Kalo Dendeng. (POS-KUPANG.COM/ IRFAN HOI)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved