Universitas Nusa Cendana

Undana Buka Kuota 6.814 Mahasiswa 

Kita mengumpulkan para kepala sekolah dan operator untuk menjelaskan dan menyampaikan semua itu bukan hanya untuk SBMPTN

Penulis: Michaella Uzurasi | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/MICHAELLA UZURASI
Wakil Rektor Bidang Kemahasiawaan dan Alumni sekaligus Plt Wakil Rektor Bidang Akademik Undana, Dr. Siprianus Suban Garak M.Sc dan Kepala LP3M Undana, Dr. Ir Jacob M. Ratu, M.Kes bersama Host Any Toda dalam Podcast Pos Kupang.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Michaella Uzurasi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, membuka kuota sebanyak 6.814 mahasiswa baru di tahun 2022. 

Hal ini diungkapkan Wakil Rektor Bidang Kemahasiawaan dan Alumni sekaligus Plt. Wakil Rektor Bidang Akademik Undana, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc dan Kepala LP3M Undana, Dr. Ir. Jacob M. Ratu, M.Kes dalam Podcast Pos Kupang bertema Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN tahun 2022 Universitas Nusa Cendana yang dipandu oleh Host Any Toda, Rabu, 09/03/2022.

Berikut cuplikan wawancara eksklusif Pos Kupang bersama kedua narasumber.

A : Bisa dijelaskan seperti apa di Undana untuk kali ini?

S : Terimakasih. Sesungguhnya penerimaan mahasiswa baru di universitas negeri pada umumnya dan Undana khususnya itu ada tiga jalur. Yang pertama itu jalur SNMPTN , Seleksi Nasional Mahasiswa Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan jalur kedua adalah SBMPTN dan jalur ketiga adalah jalur Mandiri.

Jalur yang pertama dan kedua itu adalah kewenangan pusat, dari kementerian dibawah LTMPT Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri sedangkan yang ketiga jalur mandiri itu dikasih kewenangan ke masing - masing universitas untuk melaksanakan proses penerimaan mahasiswa baru.

Masing - masing jalur itu dengan persentasi kuotanya sendiri - sendiri. Kalau jalur pertama dan kedua itu menggunakan kuota minimal jadi minimal 20 persen bagi SNMPTN, minimal 40 persen SBMPTN, itu harus posisi yang besar sedangkan yang jalur mandiri itu maksimum 30 persen. Jadi kalau sudah banyak terisi di dua jalur sebelumnya maka akan berkurang di jalur mandiri. 

A : Baik. Kita fokus di SBMPTN, untuk Undana sendiri, ini kan minimal 40 persen jadi kalau diangkakan berapa orang?

S : Undana tahun ini kita alokasikan sejumlah 6.814 mahasiswa. Nah kuota itu kita sudah kirimkan ke kementerian, ke LTMPT dan tidak bisa lagi dirubah tinggal didistribusikan ke tiga jalur itu. Jadi di Undana itu untuk SNMPTN yang tercatat di sini 1.699 hampir 1.700 sedangkan SBMPTN ini terbesar yaitu 3.022 orang, kalau mandiri 2.000 orang. Seperti itu.

Halaman
1234
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved