Berita Sikka Hari Ini

Imigrasi Maumere Ikuti Diskusi Daring, Ayo Segera Daftarkan Kekayaan Intelektual Komunal

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere dibawah Kanwil Kemenkumham NTT yang dipimpin oleh Marciana Dominika Jone, mengikuti

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/HO IMIGRASI MAUMERE
Imigrasi Maumere Ikut Diskusi Daring 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Nofri Fuka

POS-KUPANG.COM, MAUMERE - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere dibawah Kanwil Kemenkumham NTT yang dipimpin oleh Marciana Dominika Jone, mengikuti Diskusi Daring Obrolan Peneliti (OPini).

Temanya yaitu “ Desain Pengaturan Omnibus Law Cipta Kerja, Tranformasi Sosial, dan Ketahanan Pelaku Usaha Mikro dan Kecil Pada Industri Pariwisata di Danau Toba, Labuan Bajo dan Mandalika” di Kantor Imigrasi Maumere, Selasa 22 Februari 2022.

Kegiatan yang diikuti seluruh ASN Kementerian Hukum dan HAM NTT serta beberapa elemen terkait ini, dibuka dengan laporan kegiatan OPini oleh Kepala Kantor Wilayah KemenkumHAM NTT, dilanjutkan sambutan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM, Dr. Sri Puguh Budi Utami, Bc.IP.,M.Si, sekaligus membuka kegiatan OPini.

Undang – Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja merupakan salah satu langkah untuk mencapai dua agenda pembangunan dan tujuh agenda pembangunan nasional.

Baca juga:  Kegiatan Warga Binaan Rutan Maumere-Sikka Bersihkan Rumput di Kawasan Rumah Tahanan

Hasil dari Desain Pengaturan Omnibus Law Cipta Kerja, Tranformasi Sosial, dan Ketahanan Pelaku Usaha Mikro dan Kecil Pada Industri Pariwisata khususnya di Danau Toba, Labuan Bajo dan Mandalika ditemukan beberapa kendala yaitu gap dalam pengaturan tentang UMK dan kepariwisataan, gap kapasitas teknis, serta overlapping ruang pengaturan, analisis yang menghasilkan rekomendasi yang tepat agar undang – undang Nomor 11 Tahun 2020 dapat terealisasi yaitu dengan memperkuat pertahanan ekonomi dan pengembangan wilayah untuk mengurangi kesenjangan, salah satunya pengembangan kawasan pusat kegiatan strategis nasional," ucap Sri.

Adapun paparan materi dari narasumber BalitbangKumham, Tony Yuri Rahmanto terkait desain pengaturan di dalam UU Cipta Kerja dapat mentransformasi kondisi struktural sosial, ekonomi pelaku UMKM di industry pariwisata, Dr. Yohanes Tuba Helan,SH,MH, Pakar Hukum Tata Negara Universitas Nusa Cendana terkait faktor penghambat dan pendorong omnibuslaw atau UU Cipta Kerja, kemudian dilanjutkan oleh Drs. Josef Nae Soi, MM, Wakil Gubernur NTT, terkait pemanfaatan dan penerapan desain pengaturan di dalam UU Cipta Kerja.

Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab dan arahan dari Kepala Kantor Wilayah KemenkumHAM NTT, Marciana Dominika Jone terkait obrolan peneliti.

“Sebaik apapun norma dalam suatu regulasi akan lebih bermanfaat jika insan regulasi menerapkan secara benar dan baik, saya mengajak Pemerintah daerah, masyarakat Nusa Tenggara Timur, ayo segera daftarkan kekayaan intelektual komunal ke kanwil Kemenkumham NTT”, ucap Marci. (Cr1).

Imigrasi Maumere Ikut Diskusi Daring
Imigrasi Maumere Ikut Diskusi Daring (POS-KUPANG.COM/HO IMIGRASI MAUMERE)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved