Berita Sikka Hari Ini

Ruas Jalan Bola-Hale, Sikka, Mulai Dikerjakan

Ruas Jalan Bola-Hale, Kecamatan Bola, Kabupaten Sikla, mulai dikerjakan hari ini, Senin 21 Februari 2022

Editor: Ferry Ndoen
TRIBUNFLORES.COM /HO KABAG FORKOPIMDA SIKKA
Peletakan batu pertama oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, pertanda dimulainya pengerjaan ruas Jalan Bola-Hale, Kabupaten Sikka, Senin 21 Februari 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM - Nofri Fuka

POS-KUPANG.COM, MAUMERE - Ruas Jalan Bola-Hale, Kecamatan Bola, Kabupaten Sikla, mulai dikerjakan hari ini, Senin 21 Februari 2022.

Permulaan pengerjaan ruas jalan kabupaten itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, di titik nol yakni di ujung Barat Desa Persiapan Watukrus, Desa (Induk) Ipir, Kecamatan Bola.

"Bupati Fransiskus tiba di Watukrus pada jam 15.10, disambut oleh Camat Bola Polikarpus Manase Mana bersama Danramil 1603/05 Bola Kapten Inf. Imran Tiwa dan Kapolsek Bola IPDA Muhammadong," demikian penyampaian dari Kabag Prokopimpim Kabupaten Sikka, Even Edomeko kepada TribunFlores.com.

Ia juga menceritakan bahwa setelah ritual penyambutan secara adat yang dipimpin oleh Tokoh Adat Evensius Moang Kale yang memercikkan huler-wair dan mengalungkan selendang penghormatan, acara dilanjutkan dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Sikka.

Baca juga: Hati-Hati, Nusa Tenggara Timur Catat 492 Kasus Covid-19 dalam Sehari

Lanjut Even, adapun ruas jalan Bola-Hale terbentang mulai dari Desa Persiapan Watukrus, Desa (Induk) Ipir, Kecamatan Bola, melintasi Kecamatan Doreng, hingga berujung di Desa Hale, Kecamatan Mapitara. Panjang ruas jalan ini adalah 32,8 km.

Jalan tersebut dikerjakan oleh penyedia jasa CV. Sahabat Emas Abadi yang dipimpim oleh Dionisius Kondi. Durasi pengerjaan adalah 180 hari kalender. 10.431.285.000,00 yang bersumber dari Dana Pinjaman Daerah (DPD) program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Tahun 2021.

“Proyek ini hadir sebagai jawaban Pemerintah Kabupaten Sikka atas seruan kebutuhan warga yang disampaikan sejak lama, dan baru kini bisa kita jawabi melalui dana pinjaman daerah. Oleh karena itu, saya meminta pihak kontraktor untuk mengerjakannya dengan penuh tanggung jawab, agar bisa menghasilkan jalan yang berkualitas. Kasihan masyarakat,” pinta Bupati Sikka pada kesempatan kula-babong bersama warga.

Baca juga: Bupati Sikka Kirim 42 Tenaker ke Kalimantan Barat 

“Dan untuk menjamin mutu tersebut,” lanjut Bupati, “Pemerintah telah menerbitkan Keputusan tentang Pengawas Tingkat Kecamatan. Pengawas ini harus bekerja sama dengan masyarakat agar semua masyarakat mengawasinya.”

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Sikka, Bernadus Kardiman, menyampaikan apresiasinya atas pengerjaan proyek tersebut.

“Saya mengapresiasi Pemda Sikka, khususnya kepada Bapak Bupati Sikka yang telah dengan gigih memperjuangkan dana pinjaman daerah sehingga kebutuhan masyarakat yang sudah sangat lama disuarakan ini bisa terjawab,” kata Kardiman.

Anggota DPRD asal Partai Perindo itu juga mengatakan bahwa dari rekamannya atas komentar masyarakat, bahwa semua warga masyarakat Bola Raya, yakni warga Kecamatan Bola, Doreng, dan Mapitara sungguh-sungguh berterima kasih atas pengerjaan jalan itu.

“Warga di tiga kecamatan ini, Bola, Doreng dan Mapitara, omong ke saya, bahwa mereka senang sekali dengan pembangunan jalan ruas Bola-Hale ini,” ujar Kardiman.

Camat Bola Polikarpus Manase Mana, dalam laporannya, menginformasikan bahwa Kecamatan Bola mendapat alokasi 19 Miliar dari dana pinjaman daerah 2021.

“Kami Kecamatan Bola diberi 10 program, yang terdiri atas pengadaan air minum dan pengerjaan ruas jalan, dengan total dana 19 Miliar lebih,” kata Camat Bola.

Hadir mendampingi Bupati, Kadis PUPR Frederikus Kaju Djen, Ketua TP PKK Sikka Maria Cahyani Idong, dan Kabag Prokompim Sikka Even Edomeko bersama Staf.

Selain Camat Bola dan Anggota Forkopimda Bola, hadir pula semua kepala desa se-Kecamatan Bola, para Pimpinan BPD, bersama para tokoh masyarakat dan tokoh perempuan Desa Persiapan Watukrus. (Cr1)

Peletakan batu pertama oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, pertanda dimulainya pengerjaan ruas Jalan Bola-Hale, Kabupaten Sikka, Senin 21 Februari 2022.
Peletakan batu pertama oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, pertanda dimulainya pengerjaan ruas Jalan Bola-Hale, Kabupaten Sikka, Senin 21 Februari 2022. (TRIBUNFLORES.COM / HO KABAG FORKOPIMDA SIKKA)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved