Berita Flores Timur Hari Ini

Pemilu Serentak 2024, KPU Flotim Minta Parpol Siapkan SDM Hadapi Tranformasi Digital

Jelang Pemilu Serentak 2024, KPU Flores Timur Minta Parpol Siapkan SDM Hadapi Tranformasi Digital

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/AMAR OLA KEDA
Ketua KPUD Flores Timur, Kornelius Abon pose bersama unsur Forkompinda saat acara launching Pemilu serentak 2024 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda

POS-KUPANG.COM, LARANTUKA-Lonceng Pemilu 2024 sudah ditabuh KPU RI melalui acara launching pemungutan suara Pemilu serentak 2024 secara daring yang diikuti seluruh KPU seluruh Indonesia, Senin 14 Februari 2022.

Acara launching Pemilu serentak itu diikuti juga oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Flores Timur (Flotim) yang digelar di pelataran halaman Kantor KPUD Flores Timur, Kelurahan Weri, Kota Larantuka.

Ketua KPUD Flores Timur, Kornelius Abon mengatakan ada dua hal penting yang dipersiapkan menghadapi Pemilu 2024, yakni, tranformasi digital pelaksanaan pemilu dan perubahan proses atau tata cara pencoblosan dengan mengikuti protokol kesehatan covid-19.

Terkait transformasi digital, KPU, partai politik dan Bawaslu akan menggunakan alat digital di semua tahapaan.

Baca juga: KPU Flores Timur Siap Rekrut Ribuan Tenaga Kerja Hadapi Pemilu Serentak 2024

"Kita harus siap beradaptasi. 2019 lalu kita berdebat soal sipol. Di 2024 ini, dari tahapan verifikasi parpol semua pakai digital. Saya berharap partai politik juga harus menyediakan SDM-nya," ujarnya.

"Kita masih di masa pandemi Covid, maka ada tahapan yang dilakukan sesuai protokol kesehatan. KPU Flotim sudah jauh hari beradaptasi dengan dua hal ini," sambungnya.

Menurut dia, soal tranformasi digital dalam tahapan pemilu, maka perlu ada dukungan jaringan internet yang memadai saat perhitungan suara. Selain jaringan internet, juga dukungan pihak PLN.

"Jaringan internet sangat dibutuhkan saat perhitungan di TPS. Apalagi kita wilayah kepuasan. Soal listrik, di pemilu tahun sebelumnya, selalu bermasalah. Padam saat perhitungan suara. Tidak tau persoalannya, padahal sebelumnya, kita selalu bekoordinasi. Ini harus diantisipasi agar tidak boleh lagi terjadi. Pemiliu 2024 harus bermartabat," katanya.

Baca juga: Rekapitulasi DPB KPU Flores Timur Terdapat 695 Pemilih Baru, Ini Datanya

Ia menambahkan, untuk menghadapi Pemilu serentak 2024, KPU Flores Timur sudah mempersiapkan diri khususnya Sumber Daya Manusia (SDM) untuk siap beradaptasi dengan transformasi digital.

"Kami ingin menunjukkan bahwa orang-orang di KPU ini sudah terlatih agar pelaksanaan pemilu berjalan dengan baik," tandasnya. (*)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved