Breaking News:

Timor Leste

KBRI Dili Dukung Peringatan Hari Cendana dan Hutan Nasional Timor Leste

Dalam acara tersebut, Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste, Okto Dorinus Manik datang memenuhi undangan Menteri Pertanian dan Perikanan Timor Leste.

Editor: Agustinus Sape
FOTO: KBRI DILI
Dukung program pelestarian Timor-Leste, KBRI Dili turut Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste, Okto Dorinus Manik sedang menanam anakan Cendana saat hadir dalam “Peringatan Hari Cendana dan Hutan Nasional" di Desa Aiteas, Distrik Manatuto, Timor Leste, Kamis 13 Januari 2022. 

KBRI Dili Dukung Peringatan Hari Cendana dan Hutan Nasional Timor Leste

POS-KUPANG.COM, DILI – Tidak hanya di Timor Barat, ternyata di Timor Leste juga tanaman Cendana menjadi primadona dan dibudidayakan secara luas. Kondisi itu memungkinkan jalinan kerja sama dengan Indonesia.

Sebagaimana diberitakan KBRI, sebagaimana dilansir dari website Kementerian Luar Negeri RI, KBRI Dili turut hadir dalam “Peringatan Hari Cendana dan Hutan Nasional" yang diselenggarakan di Desa Aiteas, Distrik Manatuto, Timor-Leste, Kamis 13 Januari 2022.

Dalam acara tersebut, Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste, Okto Dorinus Manik datang memenuhi undangan Menteri Pertanian dan Perikanan Timor Leste.

Sebagaimana diketahui, pohon Cendana memiliki wangi yang khas dan nilai ekonomis yang tinggi. Melalui acara peringatan tersebut, para warga diimbau untuk melestarikan kayu cendana sebagai “sumber paru-paru dunia" untuk menyelamatkan bumi dan sebagai bekal investasi 25–30 tahun mendatang bagi anak dan cucu.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Okto menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia siap bekerja sama dengan Pemerintah Timor Leste dalam upaya peningkatan kerja sama kehutanan antara lain melalui peningkatan kerja sama pengembangan sumber daya manusia.

Sementara tatoli.tl melaporkan organisasi Internasional Jerman (GIZ) melalui Proyek Agrofloristry Ai Ba Futuru telah memulai distribusi 75.000 tanaman cendana kepada petani di empat kota.

Technical Advisor Ai Ba Futuru, Sérgio Barreto mengatakan 75.000 tanaman cendana didistribusikan kepada petani di empat kota, yang saat ini sedang dalam proses distribusi ke 40 desa di Baucau, Manatuto, Lospalos, dan Viqueque.

“Proses distribusi dimulai Rabu 12 Januari 2022 di kotamadya Baucau. Setiap kotamadya akan menerima 18.000 tanaman cendana. Jumlah ini akan dibagikan kepada 60 keluarga di mana setiap keluarga menerima 50 tanaman cendana” Penasihat Teknis Ai Ba Futuru, Sérgio Barreto mengatakan kepada Tatoli melalui Telepon.

Baca juga: Start-up Bawah Laut Australia Menghubungkan Timor Leste dengan Rute Pasifik

Menurut Barreto, proses distribusi akan memakan waktu tiga bulan, mulai Januari hingga Maret 2022.

Dari tahun 2018 hingga 2021, proyek Ai Ba Futuru telah mendistribusikan lebih dari 100.000 tanaman cendana ke empat kotamadya dan tanaman ini tumbuh dengan baik hanya beberapa yang tidak tumbuh dengan baik karena musim kemarau yang panjang.

Selain itu, proyek Ai Ba Futuru juga mendistribusikan benih produk lokal kepada para petani, seperti jagung, kedelai, kacang tanah, singkong, ubi jalar, salak, rambutan, dan vanili.

Output tersebut memiliki manfaat langsung pada 12.000 penerima manfaat dan manfaat tidak langsung pada 8.000 penerima manfaat.

Sumber: KBRI Dili/Tatoli.tl

Berita Timor Leste lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved