Breaking News:

Pilpres 2024

Jabatan Anies Baswedan Segera Berakhir, Orang Penting DKI Titip Pesan Ini ke Presiden Jokowi, Siapa?

Tinggal beberapa bulan lagi, Gubernur Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria mengakhiri masa jabatannya. Untuk itulah sosok ini beri pesan ini ke Jokowi

Editor: Frans Krowin
Tribunnews.com
Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria 

POS-KUPANG.COM - Kendati akhir masa jabatan Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria baru pada Oktober 2022 mendatang, namun saat ini gonjang ganjing tentang figur pengganti makin santer dibicarakan.

Bahkan salah seorang sosok penting di DKI Jakarta meminta Presiden Jakarta untuk merevisi aturan terkait pejabat yang bakal dipercayakan memimpin jakarta seusai jabatan ANies Baswedan nanti.

Sosok penting tersebut, adalah Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Benni Irwan.

Kepada wartawan baru-baru ini, Benni Irawan mengatakan, berakhirnya masa jabatan Anies Baswedan dan Amhad Riza Patria itu, bersamaan dengan 101 kepala daerah lain di Indonesia.

"Jadi, untuk mengisi kekosongan jabatan itu, diangkat penjabat gubernur, penjabat bupati, dan penjabat wali kota sampai dengan terpilihnya gubernur/wagub, bupati/wabup, serta wali kota/wakil wako melalui pemilihan serentak nasional pada tahun 2024," urai Benni.

Kekosongan jabatan yang ditinggalkan oleh 101 kepala daerah tersebut akan diselesaikan dengan cara pengangkatan penjabat kepala daerah (Pj Bupati dan Pj Gubernur).

Hal tersebut merujuk pada UU Nomor 10 Tahun 2016 yang telah disempurnakan menjadi UU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Mereka yang diangkat nantinya akan menjabat hingga kepala daerah definitif terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Baca juga: Pengamat Politik: Anies Baswedan Punya Peluang Besar Dipilih Lagi, Tapi Lebih Cocok Kalau ke Pilpres

Itu artinya, lanjut dia, selain Anies Baswedan, ada 101 kepala daerah lain yang juga akan mengakhiri masa jabatannya pada tahun 2022 ini.

Secara keseluruhan, dari 101 kepala daerah yang akan habis masa jabatannya pada tahun 2022 ini, di antaranya 7 gubernur, 76 bupati dan 18 wali kota.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved