Breaking News:

Berita Kota Kupang

Begini Catatan Singkat Sejarah PT Semen Kupang

Berdasarkan catatan Balai Sastra bahwa Pada 14 April 2021 merupakan hari jadi Semen Kupang yang ke-37 di bawah komando Ery Su

Editor: Ferry Ndoen
Begini Catatan Singkat Sejarah PT Semen Kupang
foto: POS-KUPANG/ IRFAN HOI
BANGUNAN- Tampak foto banguna PT Semen Kupang di Kecamatan Alak Kota Kupang, (8/1/22)    

Begini Catatan Singkat Sejarah PT Semen Kupang

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM | KUPANG-Berdasarkan catatan Balai Sastra bahwa Pada 14 April 2021 merupakan hari jadi Semen Kupang yang ke-37 di bawah komando Ery Susanto Indrawan.

Semen Kupang digagas mulai tanggal 17 Desember 1980 dan secara fisik pabrik Semen Kupang mulai dibangun pada tanggal 1 Maret 1982 dan merupakan satu satunya pabrik semen skala kecil pada waktu itu yang menggunakan tungku tegak (Shaft Klin) di Indonesia. Pabrik ini berkapasitas terpasang 120.000 ton per tahun.

Pada tahun 1997 dilakukan ekspansi dengan pembangunan 1 unit pabrik baru atau Semen Kupang II dengan menggunakan teknologi system pembakaran Tungku Putar atau rotary klin dengan kapasitas 300.000 ton semen per tahun, dengan memakai teknologi dari RRC (China) dan Eropa (FLSmithd).

Pabrik ini berlokasi 7 km dari Pusat Kota dan ada bulan Juni tahun 2008 pabrik Semen Kupang berhenti beroperasi.

Baca juga: Pemprov NTT Berencana Bangun Pabrik Semen di Kupang

Selanjutnya sejak 1 September 2009 melalui upaya Kementerian BUMN dan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) telah diadakan Kerja Sama Operasi (KSO) dengan PT. Sarana Agra Gemilang.

Dalam Kerja Sama Operasi dengan Semen Kupang dan PT Sarana Agra Gemilang berkomitmen untuk mengoperasikan kembali Semen Kupang dan menciptakan nilai tambah untuk masyarakat luas.

Visinya adalah Menjadi perusahaan berkelas dalam industri processing yang menjadi pilihan pelanggan dengan mengutamakan kualitas produk, efisiensi kerja, harga dan berwawasan lingkungan.(*)

Berita Kupang Lainnya :

BANGUNAN- Tampak foto banguna PT Semen Kupang di Kecamatan Alak Kota Kupang, (8/1/22)

 
 
BANGUNAN- Tampak foto banguna PT Semen Kupang di Kecamatan Alak Kota Kupang, (8/1/22)     (foto: POS-KUPANG/ IRFAN HOI)
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved