Breaking News:

Berita Kota Kupang

Tarif Bemo Hingga Daging Babi di Kota Kupang Penyebab Inflasi

Badan Pusat Statistik Provinsi NTT ( BPS NTT) mencatat perkembangan harga barang dan jasa di Kota Kupang

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
Keterangan pers BPS NTT 

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG- Badan Pusat Statistik Provinsi NTT ( BPS NTT) mencatat perkembangan harga barang dan jasa di Kota Kupang.

Sejumlah komoditi dan jasa menjadi penyebab inflasi seperti tarif transportasi termasuk karena dengan bemo yang tarifnya naik belum lama ini.

Kepala BPS NTT, Adi Manafe menyampaikan ini dalam rilisnya secara virtual, menyampaikan berdasarkan hasil penghitungan Indeks Harga Konsumen (IHK), pada bulan Desember 2021.

Ia menyebut Kota Kupang mengalami Inflasi sebesar 0,96 persen atau terjadi kenaikan IHK dari 104,44 pada bulan November 2021 menjadi 105,44 pada Desember 2021.

Inflasi Desember 2021 didorong oleh kenaikan indeks harga pada 9 dari 11 kelompok pengeluaran dimana kenaikan indeks terbesar terjadi pada kelompok tranportasi sebesar 3,87 persen diikuti oleh kenaikan indeks harga kelompok kesehatan sebesar 1,55 persen.

Kelompok pengeluaran yang memberikan andil terbesar dalam pembentukan inflasi Kota Kupang bulan Desember 2021 adalah kelompok tranportasi dengan andil sebesar 0,54 persen.

Beberapa komoditas utama yang menyumbang andil inflasi di Kota Kupang di Desember 2021 antara lain naiknya tarif angkutan dalam kota, tarif angkutan udara, harga daging babi, es, kangkung, sawi putih, minyak goreng, sawi hijau, cabai rawit dan apel.

"Sedangkan komoditas yang menghambat Inflasi di Kota Kupang Desember 2021 antara lain turunnya harga ikan kembung, daging ayam ras, daun singkong, bunga pepaya, wortel, jagung manis, daun kelor, biaya administrasi transfer uang, jeruk, dan minuman dingin," sebutnya, Senin 3 Januari 2022.

Tarif angkutan dalam kota atau yang dikenal dengan bemo sudah resmi naik Rp. 1000 sejak November 2021. Naiknya tarif baru ini ditetapkan langsung Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, melalui Peraturan Wali Kota (Perwali).

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved